Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Jumat, Desember 26, 2008

Kalender Tahun Baru Islam

. Jumat, Desember 26, 2008

Penentuan di mulainya sebuah hari/tanggal pada Kalender Hijriah berbeda dengan pada Kalender Masehi. Pada sistem Kalender Masehi, sebuah hari/tanggal di mulai pada pukul 00.00 waktu setempat. Namun padda sistem Kalender Hijriah, sebuah hari/tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut.

Kalender Hijriah dibangun berdasarkan rata-rata siklus sinodik bulan kalender lunar (qomariah), memiliki 12 bulan dalam setahun. Dengan menggunakan siklus sinodik bulan, bilangan hari dalam satu tahunnya adalah ( 12x29,53059 hari = 354,36708 hari ). Hal inilah yang menjelaskan 1 tahun Kalender Hijriah lebih pendek sekitar 11 hari dibanding dengan 1 tahun Kalender Masehi.

Fakta, siklus sinodik bulan bervariasi. Jumlah hari dalam satu bulan dalam Kalender Hijriah bergantung pada posisi bulan, bumi dan matahari. Usia bulan yang mencapai 30 hari bersesuaian dengan terjadinya bulan baru di titik apooge, yaitu jarak terjauh antara bulan dan bumi, dan pada saat yang bersamaan, bumi berada pada jarak terdekatnya dengan matahari. Sementara itu, satu bulan yang berlangsung 29 hari bertepatan dengan saat terjadinya bulan baru di perige ( jarak terdekat bulan dengan bumi ) dengan bumi berada di titik terjauhnya dari matahari (aphelion). Dari sini bahwa usia bulan tidak tetap melainkan berubah ubah (29-30 hari) sesuai dengan kedudukan ketiga benda langit tersebut ( Bulan, Bumi dan Matahari ).

Penentuan awal bulan (new moon) ditandai dengan munculnya penampakan (visibilitas) Bulan Sabit pertama kali (hilal) setelah bulan baru (konjungsi atau ijtimak). Pada fase ini, Bulan terbenam sesaat setelah terbenamnya Matahari, sehingga posisi hilal berada di ufuk barat. Jika hilal tidak dapat terlihat pada hari ke-29, maka jumlah hari pada bulan tersebut dibulatkan menjadi 30 hari. Tidak ada aturan khusus bulan-bulan mana saja yang memiliki 29 hari, dan mana yang memiliki 30 hari. Semuanya tergantung pada penampakan hilal.

Berikut ini adalah nama-nama bulan Kalender Hijriah yang terdiri dari 12 bulan:
  1. Muharam
  2. Safar
  3. Rabiul awal
  4. Rabiul akhir
  5. Jumadil awal
  6. Jumadil akhir
  7. Rajab
  8. Sya'ban
  9. Ramadhan
  10. Syawal
  11. Dzulkaidah
  12. Dzulhijjah

Kalender Hijriyah terdiri dari 7 hari. Sebuah hari diawali dengan terbenamnya matahari, berbeda dengan Kalender Masehi yang mengawali hari pada saat tengah malam. Berikut adalah nama-nama hari:

  1. Al-Ahad (Minggu)
  2. al-Itsnayn (Senin)
  3. ats-Tsalaatsa' (Selasa)
  4. al-Arba'aa (Rabu)
  5. al-Khamiis (Kamis)
  6. al-Jum'aat (Jum'at)
  7. as-Sabt (Sabtu)

enentuan kapan dimulainya tahun 1 Hijriah dilakukan 6 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad. Namun demikian, sistem yang mendasari Kalender Hijriah telah ada sejak zaman pra-Islam, dan sistem ini direvisi pada tahun ke-9 periode Madinah.

Pada era kenabian Muhammad, sistem penanggalan pra-Islam digunakan. Pada tahun ke-9 setelah Hijrah, turun ayat 36-37 Surat At-Taubah, yang melarang menambahkan hari (interkalasi) pada sistem penanggalan.

Setelah wafatnya Nabi Muhammad, diusulkan kapan dimulainya Tahun 1 Kalender Islam. Ada yang mengusulkan adalah tahun kelahiran Muhammad sebagai awal patokan penanggalan Islam. Ada yang mengusulkan pula awal patokan penanggalan Islam adalah tahun wafatnya Nabi Muhammad.

Akhirnya, pada tahun 638 M (17 H), khalifah Umar bin Khatab menetapkan awal patokan penanggalan Islam adalah tahun dimana hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah. Penentuan awal patokan ini dilakukan setelah menghilangkan seluruh bulan-bulan tambahan (interkalasi) dalam periode 9 tahun. Tanggal 1 Muharam Tahun 1 Hijriah bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622, dan tanggal ini bukan berarti tanggal hijrahnya Nabi Muhammad. Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad terjadi bulan September 622. Dokumen tertua yang menggunakan sistem Kalender Hijriah adalah papirus di Mesir pada tahun 22 H, PERF 558.

Sistem Kalender Jawa berbeda dengan Kalender Hijriyah, meski keduanya memiliki kemiripan. Pada abad ke-1, di Jawa diperkenalkan sistem penanggalan Kalender Saka (berbasis matahari) yang berasal dari India. Sistem penanggalan ini digunakan hingga pada tahun 1625 Masehi (bertepatan dengan tahun 1547 Saka), Sultan Agung mengubah sistem Kalender Jawa dengan mengadopsi Sistem Kalender Hijriah, seperti nama-nama hari, bulan, serta berbasis lunar (komariyah). Namun demikian, demi kesinambungan, angka tahun saka diteruskan, dari 1547 Saka Kalender Jawa tetap meneruskan bilangan tahun dari 1547 Saka ke 1547 Jawa.

Berbeda dengan Kalender Hijriah yang murni menggunakan visibilitas Bulan (moon visibility) pada penentuan awal Bulan(first month), Penanggalan Jawa telah menetapkan jumlah hari dalam setiap bulannya.

Sumber : Wikipedia.org


Masih dalam 1 Kategori Informasi :

Baca Selanjutnya »»

Yamaha "JUPITER MX" Bebas dari Banjir

.

Sudah saya rasakan....!!! dan bagi saya tak ada yang menandingi keunggulan dari Yamaha Jupiter MX yang saya punya. Setiap hari saya menempuh lebih dari 50 km. Itu berawal mulai dari berangkat kerja sampai pulang. Dengan No.Pol L 6000 BO dan block hitam di body belakang membuat saya lebih percaya diri menaikinya.

Ternyata memang Jupiter MX benar - benar bebas dari banjir. Kebetulan saya bekerja di salah satu perusahaan yang berada di daerah Tandes atau tepatnya di Simo Kalangan sedangkan rumah saya di daerah Rungkut atau tepatnya di daerah Gunung Anyar Jaya dekat Kampus UPN. Ketika musim huja tiba, di daerah Simo Kalangan, Jl. Tandes, Petemon, terkadang sampai ke Jl. Arjuno selalu menjadi langganan banjir. Biasanya para karyawan yang hendak mau pulang kerja selalu antri menunggu surutnya air. Karena pada dasarnya memang motor mereka tidak mampu mengahadi banjir.

Berbeda dengan Jupiter MX yang saya miliki. Dengan tampilan yang sporty dan tata letak spare part yang strategis membuat spare part yang tidak tahan dengan air tersebut dapat terlindungi dengan aman. Misal; ketinggian knalpot yang tingginya hingga lebih dari 50 cm, letak busi ( pengapian ) yang berada di samping atas mesin yang membuat busi tersebut menjadi aman, letak filter yang juga terdapat di bawah jok tempat duduk sehingga bebas dari jamahan air.

Itulah keunggulan dari Yamaha Jupiter MX. Selain sporty, ramah lingkungan, Jupiter MX juga bebas dari banjir.


Masih dalam 1 Kategori Informasi :

Baca Selanjutnya »»

Rabu, Desember 24, 2008

MENYAMBUT TAHUN BARU 2009

. Rabu, Desember 24, 2008

Tahun 2008 akan segera berlalu dan tahun 2009 akan segera datang. Nah Untuk menyongsong datangnya tahun 2009 ini. Banyak para remaja yang menyambutnya dengan hura - hura, baik itu di luapkan dalam bentuk event yang di adakan di rumah atau di kampung - kampung bahkan ada juga yang turun di jalan. Ada juga para remaja yang tidak suka berkumpul dengan teman - temannya, sehingga ia lebih memilih untuk diam dirumah.

Agar tahun baru ini berkesan tidak monoton atau biasa - biasa aja, ciptakan suasana romantis jika Anda mempunyai pasangan, atau untuk sahabat maupun teman dekat. Kirim sebuah parcel, karangan bunga atau cuman sekedar kartu ucapan Happy New Year. Atau paling tidak jika Anda tidak mau repot - repot anda cukup memberikan ucapan selamat tahun baru 2009 dari SMS. Misal :

"Sahabat tahun telah berganti maafkan jika aku ada salah ditahun lama ini mari kita perbaiki di tahun yang baru ini. Selamat Tahun baru 2009"

"Sayang tahun 2008 akan berganti dengan tahun baru 2009 semoga hubungan kita tak akan lengkang di makan waktu dan selalu biru selamat tahun baru 2009"

Pak Camat traktir Bu Guru
Bu guru makan es sama bakwan
Selamat Tahun Baru!

semoga sukses selalu kawan

Dan masih banyak lagi contoh - contoh yang lain. Nah Jika Anda seorang remaja yang suka berkumpul - kumpul dengan teman - teman, buatlah event bersama teman - teman anda. Event - event itu bisa di buat sesederhana mungkin jika anda kurang mempunyai dana yang cukup. Paling tidak jika anda benar - benar ingin mengumpulkan teman - teman Anda, buat acara sendiri di rumah. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan jika Anda membuat pesta di rumah.

  1. Buatlah pesta yang penuh dengan perencanaan, dan sesuaikan dengan tema ( Pesta Akhir Tahun ).
  2. Buat daftar tamu yang di undang, karena ini menyangkut kapasitas ruangan dan menu yang akan di hidangkan.
  3. Buat dan kirim undangan seminggu sebelum tanggal yang di tentukan.
  4. Bersihkan semua ruangan yang terlihat atau di tempati oleh tamu. lebih - lebih bersihkan dapur dan kamar mandi.
  5. Penuhi ruangan yang sekiranya bisa memeriahkan dan iringi dengan musik pada waktu pelaksanaanya, karena ini akan membuat keakraban.
  6. Sebelum acara di mulai, keluarkan makanan ringan sebagai hidangan pembuka.
  7. Sebagai tuan rumah, berilah sambutan yang cukup kepada tamu.
  8. Acara baru bisa di mula.
Semoga Anda bisa mempraktekkan sendiri di rumah.
Selamat Tahun Baru 2009.
Semoga di Tahun 2009 Kita semua di beri Keselamatan dan Kesuksesan.

Masih dalam 1 Kategori Artikel :

Baca Selanjutnya »»

Cara Mendapatkan Dollar Dengan Mudah

.

Begitu banyak cara memperoleh uang dari Internet. Begitu pula banyaknya Ebook yang beredar
yang memudahkan para pemula untuk memperoleh dollar dan kini Anda sekarang dapat membuka rahasia
tentang bagaimana menjaring dollar dari BIDVERTISE.





Baca Selanjutnya »»

 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com