Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Sabtu, Maret 07, 2009

Tips pada handphone yang terendam air

. Sabtu, Maret 07, 2009

2 Hari yang lalu, benar - benar hari yang menyedihkan. pada waktu itu hp dan dompetku masih di dalam kantong celana dan aku lupa ngeluarinnya. pas lagi enak - enaknya nyuci dan lagi nyari sikat cucian eh malah yang kepegang bukannya sikat tapi hp alias handphone ("kukira sikat..!! eh ternyata malah handphone...") apes.. apes...!!! pertama - tama sich aku tenang - tenang aja. aku pikir hpku mungkin bisa di nyalakan, karena sebelum terendam memang hpku dalam posisi of. saking bodohnya, kemudian hp aku nyalakan. bukannya nyala normal, hp itu malah bunyi krek... krek.... krek... pus...!! gitu. aduh pasti ada sesuatu yang konsleting. hpnya sich tidak terlalu bagus dan juga tidak terlalu berfungsi ("hampir tidak ada yang sms dan nelpon sich..!!!") tapi di hp itu terdapat semua nomor - nomor penting termasuk nomor telepon teman - teman lama. Wah gimana yach....!!!????

Kemudian aku banyak bercerita ke teman - teman kantor. hampir semua bilang kalo datanya tidak bisa diselamatkan. paling - paling yang selamat hanya yang ada di memory sim card. dan mereka ngasih aku tips - tips pertolongan pertama pada hp yang terendam air. yach... walaupun nasi sudah menjadi bubur tapi tips ini sangat berguna buat aku jika nanti hpku terendam lagi ("mudah - mudahan tidak terulang lagi...!!"). tapi jika sahabat blogger pengen tahu. Nich.. tipsnya :


  1. Jika hp kamu terendam, cepat - cepat keluarkan dari air. ini bertujuan agar komponen bagian dalam ponsel tidak terkontaminasi dengan air. apalagi air yang tercampur dengan deterjen. yang perlu diingat adalah jangan coba - coba untuk menyalakan terlebih dahulu. jika hp masih tetap menyala, segera matikan.
  2. Segera keluarkan semua yang ada dalam hp anda, mulai dari baterai, sim card, buka keypad dan bagian yang lain.
  3. Kemudian keringkan bagian bagian tersebut dengan menggunakan hair dryer. namun pastikan tidak terlalu panas. jangan meletakkan di microwave atau di atas rice cooker. dan perlu diketahui hp yang terlalu panas di laporkan bisa meledak. jadi berhati - hatilah dalam proses pemanasannya.
  4. Ingat jangan pernah mencoba untuk menghidupkannya sebelum kondisinya benar - benar kering. jika kamu yakin semua komponen sudah kering, barulah pasang kembali semua komponen dan nyalakan hp kamu dengan membaca doa - doa yang di ajarkan orang tua kamu. jika belum menyala, jangan pernah salahkan orang tua yach.. he he he. coba uji dengan baterai cadangan, siapa tahu yang bermasalah hanya baterainya.
  5. Jika masih belum bisa menyala, di mungkinkan yang bermasalah adalah komponen hpnya, kalo sudah begini. kayaknya kamu harus membawa hp kamu ke bengkel terdekat alias tukang service hp.

Mudah - mudahan tips di atas tidak pernak di pakai oleh sahabat - sahabat blogger lainnya. karena kita semua berharap tidak ada kecelakaan - kecelakaan kecil seperti itu. karena itu sangat merepotkan. apalagi kecelakaan yang besar..... semoga kita bisa terhindar.


Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com