Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Senin, Juli 06, 2009

Belajar Membuat “Read More” di blogspot

. Senin, Juli 06, 2009

Pada kesempatan kali ini saya akan memberi sedikit informasi bagaimana cara membuat read more, baca selengkapnya, klik disini untuk melanjutkan, dll apapun bahasanya di sebuah postingan. Satu kalimat untuk di link informasi yang lebih lengkap atau kata yang sering di gunakan adalah Readmore yang merupakan pemenggalan kalimat pada posting suatu halaman, Pemenggalan halaman posting biasanya ditandai dengan "Read More", "Baca Selanjutnya", "Baca berikutnya", "Selengkapnya" atau terserah anda memberi penggalan dengan kata apa :). Hal ini biasanya digunakan untuk menandai bahwa kalimat pada posting masih mempunyai kelanjutan, dan juga berguna mempersingkat halaman posting yang panjang. Pengen tau cara membuatnya…..??? Sebentar…yach…!!


Menurut pengetahuan saya ada dua cara dalam membuat read more, tentunya hasilnya juga akan berbeda. Yang pertama adalah membuat read more dengan cara manual atau memenggal beberapa paragraf atau kalimat sesuai dengan kebutuhan anda. Sedangkan yang kedua adalah dengan cara otomatis atau kalo gak salah bisa di sebut juga auto read more. Biasanya pada auto read more ini proses pemenggalannya secara otomatis sesuai dengan jumlah karakter yang di tentukan.

Nah kali ini saya akan kasih tahu yang dengan cara manual dulu. Dari pada “bertele-tela” dan terlalu “ngalor ngidul” yuk kita langsung ke cara pembuatannya.
  1. Login ke https://www.blogger.com/start

  2. Kemudian masuk ke tab Layout – Edit HTML – Berikan tanda centang pada “Expand widget template” lebih baik anda backup template anda dengan mengeklik “dowlnoad template lengkap”

  3. Cari kode di bawah ini.

    <div class='post-header-line-1'/> <div
    class='post-body'>


    Jika sudah menemukan copy paste kode di bawah ini di bawah kode di atas.

    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <style>.fullpost{display:inline;}</style>
    <p><data:post.body/></p>
    <b:else/>
    <style>.fullpost{display:none;}</style>

    Di bawah kode di atas yang baru anda pasang, ada kode seperti berikut ini :

    <p><data:post.body/></p>

    Jika Sudah ketemu, copy paste kode di bawah ini tepat di bawah kode di atas.

    <a expr:href='data:post.url'>Readmore </a>
    </b:if>

  4. Anda bisa mengganti kata “Readmore” dengan kata “NEXT”, “Baca selengkapnya” , “Lanjutkan” dan lain-lain sesuai hati nurani anda, kayak kampanye aj.. :)

  5. Kalo sudah jangan lupa di simpan dulu…. Ok

  6. Masuk ke Tab Pengaturan – Format – di Post Template isi dengan kode berikut :

    <div class="fullpost">
    </div>

  7. Nah, setelah ini jangan lupa simpan lagi yach…. :)

  8. Nah, untuk proses pemenggalannya dapat di lakukan di dalam postingan misalnya :
    Pada kesempatan kali ini saya akan memberi sedikit informasi bagaimana cara membuat read more, baca selengkapnya, klik disini untuk melanjutkan, dll apapun bahasanya di sebuah postingan. Satu kalimat untuk di link informasi yang lebih lengkap atau kata yang sering di gunakan adalah Readmore yang merupakan pemenggalan kalimat pada posting suatu halaman, Pemenggalan halaman posting biasanya ditandai dengan "Read More", "Baca Selanjutnya", "Baca berikutnya", "Selengkapnya" atau terserah anda memberi penggalan dengan kata apa :). <div class="fullpost">

    Hal ini biasanya digunakan untuk menandai bahwa kalimat pada posting masih mempunyai kelanjutan, dan juga berguna mempersingkat halaman posting yang panjang. Pengen tau cara membuatnya…..??? Sebentar…yach…!! </div>
  9. Selamat Mencoba ….!! :)

    Artikel Terkait




     

    Ponsel Terbaru

    My Alexa Rank

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

    FEEDJIT Live Traffic Feed

    www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com