Inilah Penembakan Paling Brutal di Inggris

Peristiwa penembakan paling brutal yang terjadi di Inggris terjadi pada hari Rabu 2 Juni 2010. Penembakan brutal ini terjadi di kota pesisir Whitehaven yang teletak di wilayah Cumbria, bagian barat laut Inggris. Peristiwa penembakan ini merupakan aksi pembantaian yang menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai 25 lainnya.

Menurut informasi yang kami dapat bahwa polisi telah mencurigai pelaku penembakan adalah seorang sopir taksi bernama Derrick Bird. Polisi masih menyelidiki motif penembakan, apalagi para korban tampaknya tidak punya hubungan dengan pelaku sehingga penembakan diduga kuat dilakukan secara serampangan. Menurut keterangan sejumlah saksi, Bird sempat terlibat pertikaian dengan sesama pengemudi taksi pada malam sebelum penembakan.

Dibandingkan di Amerika Serikat, penembakan brutal warga sipil merupakan peristiwa langka di Inggris karena banyak dari mereka dilarang memiliki senjata api. Namun, dalam beberapa tahun terakhir terdapat lebih dari 100 kasus pembunuhan yang dilakukan dengan senjata api di Inggris.