Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Senin, Juli 05, 2010

Inilah Gunung Berapi Paling Membahayakan di Dunia

. Senin, Juli 05, 2010

Chaitén

Terletak di Chile sebelah Selatan, tingginya mencapai 1.122 meter di atas permukaan laut dan berjarak 3 km dengan diameter. Gunung berapi Chaiten mulai meletus pada Mei 2008. Kekuatan letusan itu meningkat secara signifikan menghasilkan aliran piroklastik dan lava ledakan. Pada bulan Februari 2009 yang sebagian disebabkan runtuhnya kubah lebih lanjut piroklastik mengalir turun melalui lembah sungai.

Mayon

Gunung Mayon terletak di provinsi Albay, di Luzon, di Filipina. Bagian dari Cincin Api Pasifik, merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Filipina telah meletus lebih dari 49 kali dalam 400 tahun terakhir.

Gunung Etna

Terbesar dari tiga gunung berapi aktif di Italia berdiri pada 3.329 meter di atas permukaan laut di pesisir timur Sisilia. Salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia, Gunung Etna adalah dalam keadaan hampir konstan dalam aktivitasnya. Yang paling terakhir adalah letusan abu pada April 2010.

Gunung Nyiragongo

Gunung Nyiragongo terletak di Taman Nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo. Kawah utama sekitar 2 km lebar. Sejak 1882 itu telah meletus sedikitnya 34 kali. Kecepatan turunnya hingga 60 mph.

Whakaari / White Island

White Island terletak 28km dari timur Pulau Utara Selandia Baru. Di sini letusan menghasilkan aliran lava dan ledakan abu. letusan Mayor di 1981-1983 banyak mengubah structur daratan, dan letusan tersebut terjadi pada tahun 2000 dan 2001.

Mount St Helens

Gunung St Helens terletak di Skamania County, Washington, USA. Hal ini mungkin yang paling terkenal untuk bencana letusan pada bulan Mei 1980 yang menyebabkan 57 kematian dan penghancuran properti untuk lebih dari 230 mil persegi.

Kīlauea

Kilauea merupakan gunung berapi aktif di Kepulauan Hawaii. Letusannya dimulai pada bulan Januari 1983 dan terus menghasilkan aliran lava.

Soufrière Hills

Gunung berapi Soufrière Hills banyak fitur kubah lava yang merupakan puncaknya di pulau Karibia untuk Montserrat. Setelah lama terbengkalai itu menjadi aktif pada tahun 1995 dan terus meletus sejak saat itu. Baru-baru ini, pada 5 Februari 2010 ledakan mendorong aliran piroklastik turun beberapa sisi gunung sekaligus.

Popocatépetl

Popocatepetl adalah puncak tertinggi kedua di Meksiko pada 5.426 meter dan terletak sekitar 70 km tenggara Mexico City. Hal ini mungkin salah satu gunung yang paling berbahaya di Meksiko dengan lebih dari 20 letusan besar sejak 1519. Episode terakhir dimulai pada bulan Desember 1994 dan telah ada aktivitas gunung berapi hampir setiap saat.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4374516

Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com