Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Rabu, Februari 02, 2011

5 Tips Jitu Presentasi Seperti Steve Jobs (Chairman & CEO Apple Inc.)

. Rabu, Februari 02, 2011


Anda pasti tau dong, siapa doi ? Ya! Si om umur 55 tahun ini adalah Steve Jobs, chairman dan CEO dari produk elektronik Apple Inc.

Disamping ide briliannya yang menciptakan iPod untuk pertama kalinya di tahun 2001 silam.
Apakah Anda semua tau ? Kalau Steve Jobs ini juga punya keahlian untuk menyajikan presentasi yang menarik untuk para audience nya ?

Nah, buat Anda yang udah gawe kan biasanya disuruh presentasi produk sama bos atau klien..
Sekiranya 5 tips presentasi ini bisa membantu buat Anda, biar selalu menang tender! hehehe

Buat Anda yang masih sekolah atau kuliah, juga membantu kok! kan Anda pasti sering disuruh guru/dosen presentasi depan kelas kan ?
Nah, biar nilai nya gak pada jeblok pas presentasi, ini ada 5 tips dari Om Steve Jobs! Cekidot gaan!!!

5 Tips Jitu Presentasi Seperti Steve Jobs (Chairman & CEO Apple Inc.)


1. Tentukan Tema Presentasi Anda!


"There is something in the air today." Dengan kata-kata tersebut Jobs membuka acara Macworld. Dengan demikian, ia menetapkan tema untuk presentasinya (BusinessWeek.com, 2008/01/15) dan mengisyarakatkan pengumuman pada pengenalan produk terbarunya : Ultrathin MacBook Air Laptop.

Setiap presentasi membutuhkan sebuah tema, tetapi anda tidak harus memberitahukannya di awal presentasi. Tahun lalu, Jobs menyampaikan tema sekitar 20 menit di dalam presentasi nya: "Hari ini Apple menciptakan kemnali sebuah telepon." Setelah Anda mengidentifikasi tema Anda, pastikan Anda menyampaikan tema anda beberapa kali dalam presentasi Anda.

2. Tunjukan Antusiasme Anda!

Jobs menunjukkan cintanya kepada desain komputer. Selama presentasi ia menggunakan kata-kata seperti "istimewa (extraordinary)," "luar biasa (amazing)", dan "keren (cool)." Ingat, audience Anda ingin dibuat merasa kagum dan tidak dipersiapkan untuk tertidur selama anda presentasi.

Kebanyakan pembicara masuk kedalam modus presentasi dan merasa seolah-olah mereka memiliki percakapan yang menyenangkan di setiap topik. Jika Anda tidak antusias dengan produk atau jasa Anda sendiri, bagaimana Anda berharap pendengar akan merasa antusias?

3. Berikan Garis Besar (Outline) Dari Presentasi Anda!

Jobs menguraikan outline presentasinya dengan mengatakan, "Ada empat hal yang ingin saya bicarakan hari ini jadi mari kita mulai. ..." Jobs mengikuti garis besar presentasi dengan membuka dan menutup presentasinya yang masing-masing terdapat empat bagian dan membuat transisi yang jelas di antara keduanya.

4. Buat Angka Menjadi Bermakna!


Ketika Jobs mengumumkan bahwa Apple telah menjual 4 juta iPhone hingga saat ini, dia tidak hanya meninggalkan jumlah angka yang keluar dari konteks. Sebaliknya, ia meletakkannya dalam perspektif dengan menambahkan, "Itu 20.000 iPhone setiap hari, rata-rata." Jobs melanjutkan dengan mengatakan, "Apa artinya angka tersebut kedalam market secara keseluruhan?." Jobs memberikan rincian dari market AS dan pangsa pasar smartphone Apple, untuk menunjukkan betapa mengesankan jumlah penjualan yang sebenarnya. Jobs juga menunjukkan bahwa pangsa pasar Apple telah menyamai jumlah share gabungan dari tiga pesaing yang ada.

Angka tidak berarti banyak kecuali mereka ditempatkan dalam konteks yang tepat. Hubungkan titik-titik untuk pendengar Anda.

5. Cobalah Untuk Menyajikan Sesuatu Yang Tidak Akan Terlupakan Oleh Audience Anda!



Ini adalah ketika presentasi Anda akan menjadi pembicaran orang-orang yang hadir. Setiap presentasi Steve Jobs membangun sesatu adegan yang besar. Dalam Macworld tahun ini, Steve Jobs memberikan pengumuman tentang MacBook Air.

Source : http://www.businessweek.com/smallbiz/content/jan2008/sb20080125_269732.htm

Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com