Komunikasi Terganggu, FB & Twitter Bantu Jepang


Akses komunikasi Jepang terganggu akibat tsunami. Pencarian informasi keluarga atau teman di wilayah bencana jadi sulit. Facebook, Twitter pun jadi juru selamat.

Pria asal Detroit, Duane Cavalier, dan istrinya penduduk asli Jepang, Maho Cavalier, akhirnya bisa saling bertemu berkat Facebook. Windorstar melaporkan, saat gempa, Maho sedang berada di Tokyo dan suaminya di Saitama, wilayah luar Tokyo.

Menurut Maho, gempa besar itu tak membuat Tokyo rusak parah. Namun, semua fasilitas dan infrastruktur mati serta ponsel dan telepon kantornya pun tak bisa digunakan untuk berkomunikasi. Untungnya, internet masih aktif dan Maho pun mengakses Facebook melalui iPhone milikya.

“Ketika saya membuka akun Facebook Cavalier, ternyata hal sama juga dilakukannya. Suami saya tinggal di Saitama sepanjang malam itu,” paparnya. Facebook menjadi satu-satunya cara komunikasi suami istri itu.

Banyak warga Jepang lainnya juga melakukan hal sama. Selain Facebook, Twitter juga menjadi media orang-orang di Jepang untuk berkomunikasi. ”Jejaring sosial ini menjadi satu-satunya cara, oleh karenanya kami terus menggunakannya,” lanjutnya.

Source : inilah.com
Source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7442988