Cara Termudah membuat Video Tutorial

Saya membuat artikel “Cara Termudah membuat Video Tutorial” ini berawal dari sebuah pengalaman. Ketika saya hendak pulang dan tiba di rumah, saya dapat informasi dari atasan saya untuk segera kembali ke kantor, padahal jarak rumah saya dengan kantor sekitar 20 km atau selama 45 menit watu perjalanan. Tujuannya adalah saya diminta untuk mencetak 4 lembar invoice atau nota pengiriman yang akan digunakan untuk pengiriman besok. Saya diminta untuk cepat kembali karena pihak driver akan mulai berangkat mengirim pada pagi hari sekitar pukul 04.30 pagi. Sebenernya tugas ini bukanlah tugas saya, melainkan tugas teman saya. Atasan saya juga sudah beberapa kali menghubungi teman saya yang seharusnya bertanggung jawab dengan pekerjaannya. Tetapi usaha atasan saya gagal, karena semua alat komunikasi yang dimiliki teman saya tidak bisa dihubungi. Akhirnya atasan saya terpaksa menghubungi saya untuk menggantikannya. Berhubung hanya saya yang bisa dan masih ingat cara membuat dan mencetak invoice maka saya tidak kuasa untuk menolaknya. Atasan saya berharap tidak ada pihak yang dirugikan, maka dari itu dia memerintah saya untuk tidak langsung kembali ke kantor, melainkan datang lebih awal di kantor. Karena para driver berangkat kirim pukul 04.30 pagi maka saya harus tiba dikantor pukul 04.00. wah….. ini sungguh pengalaman yang tidak menyenangkan…..!!!

Agar pengalaman ini tidak terulang kembali, maka saya berusaha membuat Video Tutorial cara – cara menjalankan beberapa program aplikasi SAP termasuk cara membuat dan mencetak invoice. Awalnya sedikit agak bingung bagaimana cara membuat Video Tutorial. Setelah saya sempat googling, alhamdulillah saya menemukan langkah – langkah membuat video tutorial.

Untuk membuat video tutorial anda harus mempunyai software pendukung yang harus anda dapatkan. Software ini bisa anda dapatkan gratis dan ada juga yang berbayar. Software tersebut bernama Camtasia Studio Karena saya tahu anda suka yang gratisan maka silahkan anda copy paste alamat ini http://www.downloadsquad.com/2007/11/22/techsmith-offers-free-camtasia-studio-download/ tapi ingat ini berlaku untuk 30 hari saja. Selepas dari itu jika anda ingin tetap menggunakan aplikasi ini maka terpaksa anda harus membayar sekitar $299.

Dengan program Camtasia Studio ini anda dapat merekam semua aktivitas anda di komputer. Bahkan anda bisa memasukkan suara anda untuk memandu langkah demi langkah video tutorial tersebut.

Selamat mencoba….!!