Tips Makan Sahur

Kali ini saya mencoba untuk memberikan sedikit tips makan sahur di bulan Ramadhan. Sebenarnya postingan tips makan sahur ini agak sedikit terlambat saya berikan. Tapi bukannya lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali… iya to…!!!. Nah, tips – tips makan sahur ini saya dapatkan dari pengalaman saya selama ini ( bukan hasil copas dari artikel lain ). Bahkan ada beberapa tips yang dinilai menyimpang jika dilihat dari segi ilmiahnya. Seperti minum teh manis pada saat sahur. Karena minum dan makan makanan yang manis pada saat makan sahur tidak dianjurkan karena rasa manis bisa menahan haus sekitar 2 jam setelah meminum atau memakannya, sedangkan puasa yang kita lakukan selama 14 jam. Jadi ada waktu 12 jam kondisi tubuh menjadi lemas. Secara ilmiah memang benar bahwa makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Tapi ini kok tidak berlaku untuk saya yach……….?? Justru saya lebih bisa menahan lapar dan haus selama 14 jam jika akhir makan sahurnya di tambahin minum teh manis agak anget. Sebagai rinciannya berikut adalah tips makan sahur yang lakukan :


  1. Baca niat puasa Ramadhan dan akhiri dengan Lahaulawalakuawata dst…. Agar kita selalu diberi kekuatan.

  2. Bangun menjelang waktu imsak ( kira2 15 menit sebelum waktu imsak ).

  3. Makan – makanan yang berkarbohidrat dan tanpa meninggalkan sayur.

  4. Akhiri makan sahur dengan minum segelas teh anget berasa manis. Setelah minum teh, usahakan anda tidak makan atau minum apapun.

  5. Saya tidak mengerti secara ilmiah bagaimana. Tetapi yang selalu saya lakukan adalah berusaha menikmati makan sahur dengan keadaan mengantuk.

  6. Kemudian tidurlah. Tidur sejenak hingga terdengar suara adzan subuh. Kemudian silahkan anda bangun dan menunaikan ibadah sholat shubuh.


Tentunya bisa, jika anda ingin tidur lebih lama ataupun anda melakukan ibadah lain seperti sholat tahajud, mengaji dan menambahkan dengan kondisi yang lain dan lain – lain tanpa meninggalkan tips diatas.

Tips diatas sudah terbukti pada saya. Dan selamat mencoba jika anda ingin melakukan. Dan jika ada yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar.

Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal ibadah kita selalu diterima oleh Allah SWT amin….