Tanda – Tanda Kanker Serviks.

Ketika mendengar istilah “Kanker” kebanyakan orang memberi kesan sangat menakutkan dan menyeramkan. Seperti layaknya seorang narapidana yang hendak menerima hukuman mati. Istilah kanker serviks (Cervical Cancer) merupkanan kanker pada leher rahim. Kanker leher rahim merupkan kanker yang terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk kea rah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina). Biasanya kanker serviks atau kanker leher rahim ini terjadi pada wanita yang berumur. Tetapi kanker serviks atau kanker leher rahim dapat juga menyerang wanita yang berumur 20 sampai 30 tahun.

Sebenarnya kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling mudah dicegah dan paling dapat disembuhkan dari sekian banyak kasus kanker. Namun demikian, sebagai penderita kanker tetapi tidak boleh meremehkan kanker serviks ini. Kerena menurut data, banyak wanita yang tewas menjadi korban keganasan kanker serviks.

Kanker serviks terjadi ditandai dengan adanya pertumbuhan sel – sel pada leher rahim yang tidak lazim. Sebelum terjadi sel – sel kanker, terjadi perubahan yang dialami oleh sel – sel tersebut. Dan proses terjadinya perubahan pada sel – sel tersebut berlangsung selama bertahun – tahun sebelum sel menjadi sel kanker. Maka dari itu sebelum terbentuknya sel kanker maka diperlukan pengetahuan untuk mengetahui tanda – tanda kanker serviks. Yang bertujuan agar penderita dapat mengetahui secara dini dan berusaha untuk mengobati kanker serviks sedini mungkin. Adapun tanda – tanda kanker serviks biasanya terjadi pada perubahan sel – sel kanker yang dapat menyebabkan perdarahan setelah aktivitas seksual atau diantara masa menstruasi. Dan perubahan sel – sel kanker yang terjadi dapat dilakukan dengan pemeriksaan Pap smear test.

Semoga kita semua terhindar dari segala jenis penyakit. Semoga bermanfaat.