Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Selasa, Juni 22, 2010

Teknologi SkyCam Pada Piala Dunia 2010

. Selasa, Juni 22, 2010

SkyCam adalah merek dagang yang dipatenkan dari produk sistem kamera yang bisa dikendalikan dan bergerak ke semua arah namun tetap stabil. Kalo Anda perhatikan gambar di atas, Anda mungkin pernah melihatnya di suatu pertandingan sepakbola (seperti di Piala Dunia 2010 ini). Kamera ini yang sering menangkap gambar dari atas lapangan dan bisa melihat pergerakan setiap pemain. Atau menangkap gerakan terciptanya suatu gol dari sudut yang berbeda.

Ya... ini adalah SkyCam, beberapa tempat menyebutnya sebagai SpiderCam... kamera yang terletak di atas suatu lapangan olahraga. SkyCam ini dikendalikan oleh remote control yang bisa bergerak dengan kecepatan hingga 48 km/jam melalui kawat sling yang dipasang di 4 penjuru stadion dengan menggunakan sistem robotic dan motorik baik pada penggerak support kamera maupun pada kameranya itu sendiri.


Perangkat SkyCam yang mempunyai bobot sekitar 15 kg ini diciptakan oleh Gareth Brown pada tahun 1984 dan dikembangkan hingga sekarang sehingga tercipta perangkat yang stabil dan dapat menangkap gambar secara ke semua arah dengan keahlian teknisinya untuk memutar dan men-zoom objek.




Video di atas menjelaskan sistem kerja dari SkyCam, tapi itu masih menggunakan kamera yang cukup besar. Saat ini kamera yang digunakan relatif kecil dan ringan.

SkyCam ini membutuhkan semacam ruang kontrol untuk mengatur gerak motor penggerak kawat sling dan mengendalikan kamera untuk bergerak sesuai dengan objek yang diinginkan.



SkyCam ini tidak hanya digunakan untuk pertandingan olahraga saja, tapi juga bisa digunakan pada acara konser musik atau pembuatan film.



Pengembangan dari SkyCam adalah BlimpCam atau FlyCam, yaitu kamera yang dipasang di sebuah balon udara yang juga dikendalikan oleh remote control. FlyCam lebih sederhana dibandingkan dengan SkyCam karena tidak membutuhkan bentangan kawat sling. Namun ada kekurangannya ketika balon udara mengalami kegagalan teknis maka akan langsung jatuh.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4391895

Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com