Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Minggu, November 14, 2010

Ditemukan Rahasia Lari Burung Unta

. Minggu, November 14, 2010

CARA burung unta berjalan boleh dikatakan memang tidak anggun, namun hewan ini bisa lari dengan kecepatan yang sangat mengesankan. Kini para ilmuan bisa mengetahui apa yang menyebabkan unggas tersebut bisa berlari begitu cepat dan begitu efisien. Burung unta menggunakan separuh dari energi yang diperlukan manusia pada saat berlari dalam kecepatan paling tinggi, kata para peneliti. Kesimpulan didapat dengan cara membandingkan manusia dan burung unta dalam satu lomba lari.

Rahasianya terletak pada kelenturan atau daya lenting hewan tersebut. Otot-otot burung unta bisa menyimpan “energi elastis” dua kali lebih banyak per langkah bila dibandingkan dengan manusia.

Eksperimen

Hasil eksperimen biomechanics ini dijelaskan dalam majalah ilmiah Royal Society Journal Interface.

Lima ekor burung unta yang “sangat jinak” merupakan obyek dari pengkajian tersebut. Para ilmuan mengukur gerakan berbagai anggota badan serta persendian tulang termasuk kekuatan pijak pada waktu kedua kaki burung unta menyentuh tanah.

Burung-burung unta ini lari pada jalur-lari sepanjang 50 meter yang sengaja dibuat. Pada persendian tulang unggas-unggas tersebut dipasang alat-alat reflektif serhingga gerakan hewan tersebut bisa direkam secara rinci.

Lima orang relawan juga diteliti dengan cara yang persis sama – dengan beberapa kamera merekam mereka dari berbagai sudut pengambilan gambar.

Source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5939695

Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com