Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Senin, November 15, 2010

Enam Kesalahan Belanja Online

. Senin, November 15, 2010

SELAIN lebih praktis belanja online juga lebih efisien dalam hal waktu dan tenaga. Tapi, berbelanja di dunia maya bukan tanpa risiko. Simak sejumlah kesalahan yang umum dilakukan orang-orang ketika berbelanja online, dan pelajari cara menghindarinya.

Royal informasi
Kebanyakan perusahaan yang sah memberitahu pelanggan bahwa mereka tidak akan pernah meminta rincian rekening pribadi via email atau online. Tapi, bukan berarti Anda tidak harus memberikan informasi kartu kredit Anda ketika hendak membeli sesuatu. Melainkan, Anda mesti berhati-hati mengenai informasi apa yang diberikan. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan rincian yang diminta, lebih baik tidak usah memberikannya.

Perusahaan tak jelas
Lakukan bisnis hanya dengan pihak-pihak yang Anda kenal dan percaya. Memiliki keakraban dengan perusahaan tempat Anda memberikan informasi kartu kredit dan rincian perbankan, bisa lebih menjamin keamanan transaksi yang dijalankan.

Percaya pishing
Pishing adalah nama untuk email-email palsu yang mungkin Anda terima dari sebuah perusahaan familiar. Email tersebut mungkin memiliki logo perusahaan dan bahkan dapat menggunakan alamat email perusahaan. Email tersebut akan meminta Anda untuk mengklik link dan login ke akun Anda. Masalahnya, situs yang Anda masuki itu bukan situs yang sah, dan Anda baru saja memberikan login Anda dan kata sandi kepada pencuri identitas.

Situs tak aman
Menurut situs onguardonline.com, jangan pernah menggunakan situs yang tidak menggunakan enkripsi untuk menjaga semua informasi tetap aman.

Komputer publik
Komputer umum di pusat-pusat bisnis hotel, kafe internet, dan perpustakaan mungkin biasa Anda pergunakan untuk berselancar di dunia maya. Tapi, perangkat tersebut bukan tempat terbaik untuk memasukkan informasi sensitif seperti login, kata sandi, atau nomor kartu kredit Anda. Anda dua alasan kuat untuk tidak melakukannya. Pertama, pemilik komputer mungkin memiliki jenis spyware yang menangkap data macam ini. Bayangkan saja komputer Anda sendiri, yang menyimpan kata sandi dan login sehingga Anda tidak harus mengingatnya setiap waktu. Kedua, komputer publik digunakan oleh banyak orang. Beberapa di antaranya mungkin memiliki kemampuan untuk mengambil data apa pun yang mungkin sudah Anda masukkan.

Mengabaikan kebijakan privasi
Jika Anda memberikan informasi pribadi, termasuk nama, alamat, dan nomor telepon, Anda harus tahu bagaimana situs tersebut berencana untuk menggunakan semua informasi itu. Di bagian terbawah situs biasanya ada link bertulisan 'privacy,' 'legal,' atau 'privacy policy.' Baca baik-baik link tersebut dan pastikan Anda merasa nyaman dengan apa yang dikatakan.

Source : http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2010/11/15/4360/9/Enam-Kesalahan-Belanja-Online

Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com