Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Selasa, Januari 25, 2011

Tidak Ada Lagi Identitas Ganda dengan e-KTP

. Selasa, Januari 25, 2011

Mulai bulan Februari 2011, Kementerian Dalam Negeri akan menerapkan nomor induk kependudukan secara menyeluruh. Menurut Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, tahun 2011 ini kementeriannya menargetkan sekitar 97 juta penduduk di 197 kabupaten / kota sudah mengantongi KTP baru ini. Sisanya sekitar 105 juta penduduk di 300 kabupaten / kota akan punya KTP ini di tahun 2012 mendatang..

Karena itu, dalam penerapan nomor induk kependudukan secara menyeluruh ini dibarengi dengan proyek kartu tanda penduduk elektronik. “KTP ini gratis,” ujar Gamawan saat mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi. “Penduduk tidak dipungut biaya sepeser pun.”

Adapun alasan Gamawan mendatangi KPK untuk meminta lembaga itu mengawasi pelaksanaan proyek e-KTP yang bakal menelan biaya sekitar Rp 6.3 triliun. “Nilai proyeknya besar. Saya kuatir ada penyelewengan,” ujarnya. Karena itu dia meminta pengawasan KPK agar tak ada korupsi dalam proyek tersebut..

KTP elektronik bakal memuat nomor induk kependudukan tunggal dimana nantinya bisa digunakan untuk bermacam keperluan, mulai dari pengurusan akta tanah hingga pelayanan kesehatan. Canggihnya, kartu identitas ini akan ditanami chip dan dibubuhi sidik jari. e-KTP juga diharapkan dapat mengatasi masalah identitas ganda seperti yang kerap muncul saat pemilihan umum..

Anda bisa mencari tahu informasi lebih lengkapnya di lingkungan setempat Anda seperti RT maupun RW, terutama bagi Anda yang KTP-nya sudah hampir habis masa berlakunya. Hal ini akan memudahkan administrasi Anda, apalagi KTP ini akan diberlakukan secara menyeluruh tahun 2013..

Source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6793061

Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com