Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Jumat, April 08, 2011

10 Siasat Cara Memainkan Pikiran yang Bisa Melangsingkan

. Jumat, April 08, 2011

Diet, bukanlah proses yang mudah dilalui. Mungkin akan banyak dari kita yang langgung menganggukkan kepala tanda setuju dengan pernyataan itu. Dan bagi yang merasa ‘kalah’ biasanya mengaku faktor pemicu yang paling sering ditemui adalah masalah pengendalian pikiran. “Jika kita benar-benar ingin membuat sebuah perubahan dalam hidup kita, buatlah perencanaan dan ikutilah semua rencana dan aturan yang ada,” saran Jason Machowsky, RD, CSCS, seorang personal trainer dari Equinox di New York.

Memang hal tersebut sangat mudah untuk diucap, tapi dalam perjalanannya kita perlu beberapa ‘pendorong’ untuk bisa tetap termotivasi dan semangat dalam menjalani program diet kita. Berikut 10 trik mudah menyiasati pikiran untuk membantu kita susut lebih cepat :

Saat di rumah

Trik #1 Taruh sendok dan garpu saat mengunyah.
Butuh sekitar 20 menit untuk perut mengirimkan sinyal kenyang kepada otak, itu artinya kita bisa makan berlebih jika terus menyodorkan makanan ke dalam mulut. Coba sediakan waktu yang cukup untuk mengunyah makanan dengan benar. Biasakan untuk menaruh alat makan kita setelah memasukan makanan ke dalam mulut, dan kunyah makanan dengan perlahan, ujar Erin Palinski, RD, CPT, seorang ahli nutrisi dan fitnes.

Trik #2 Turunkan standar makan kita.
Para penelitian dari Cornell University menemukan orang yang mengonsumsi sup dengan mangkuk yang mereka tidak tahu, secara tidak sadar akan terus menerus kembali mengisi mangkuk mereka dan mengonsumsi 73% lebih banyak ketimbang orang yang menggunakan mangkuk yang regular. Para relawan tidak merasa kenyang dan mengonsumsi sup lebih banyak ketimbang grup pengontrol. Jadi, ganti piranti makan kita ke dalam ukuran yang lebih kecil. Mengganti gelas, mangkuk, piring, sendok ke ukuran yang lebih kecil akan mengurangi porsi makan dan secara alami kita akan makan lebih sedikit.

Trik #3 Matikan televisi.
Menurut studi di Food Quality and Preference, orang yang menyantap makanan dalam suasana berisik akan merasa kurang berselera pada makanan mereka, dibanding orang yang makan dalam suasana hening. Para peneliti menemukan lingkungan yang berisik akan mengganggu kemampuan seseorang untuk menghargai rasa, dan biasanya kita cenderung akan makan lebih banyak ketika belum bisa merasa puas. Ingin mengonsumsi kalori lebih sedikit? Jangan barengi acara makan malam dengan menonton televisi.

Saat di kantor

Trik #4 Buat rencana di depan.
Menciptakan gambaran strategi akan membantu kita melawan rasa lapar dan mempercepat proses pelangsingan, ujar para peneliti dari Belanda. Pelaku diet yang memberlakukan aturan “jika, maka” (jika lapar jam 3 siang, maka saya akan makan sebuah apel), akan mengikis lemak lebih banyak ketimbang yang tidak melakukannya. Jauhkan toples permen dari meja, taruh camilan-camilan sehat untuk melawan rasa lapar di sore hari.

Trik #5 Jangan biasakan makan di meja kerja.
Hindari santap siang di depan komputer! Mengapa? Sebab makan sambil melakukan akivitas berselancar di internet, akan menyulitkan kita untuk mengingat apa saja yang sudah masuk ke mulut, demikian temuan dari studi yang dimasukkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Plus, kita akan sulit merasa kenyang dan cenderung mengonsumsi kalori berlebih di sepanjang hari.

Saat berbelanja.

Trik #6 Makan dulu sebelum berbelanja.
Pastikan perut kita dalam kondisi kenyang saat kaki menginjak pintu masuk mal atau pasar swalayan. “Kita cenderung akan membeli dengan lebih impulsif saat merasa lapar,” jelas Machowsky.

Trik #7 Buat daftar belanjaan sehat.
Tulis apa saja barang sehat yang ingin kita beli terlebih dahulu di rumah, dan berpegang terus pada daftar yang telah dibuat. Berbelanja tanpa tujuan akan mendorong kita untuk menghabiskan uang dan membeli barang yang tidak diperlukan.

Saat di restoran.

Trik #8 Bayangkan diri sedang makan.
Membayangkan diri sedang menyantap makanan tertentu akan membantu kita mengonsumsi lebih sedikit, demikian temuan peneliti dari Carnegie Mellion University. Studi ini menemukan berpikir ulang mengenai makanan tertentu mampu menurunkan nafsu untuk makan makanan tersebut. Sambil menunggu peramu saji datang, coba bayangkan diri sedang menyantap hidangan yang kita pesan satu per satu.

Dimanapun kita berada

Trik #9 Rajin tulis jurnal.
Selalu catat apa saja yang kita makan, atau bagaimana perasaan kita sebelum dan usai berolahraga. Menulis semua kegiatan dalam Jurnal Sehat akan membantu kita tetap ‘terhitung’, membuang masalah atau pola makan tidak sehat dalam diet ataupun olahraga kita.

Trik #10 Fokus pada goal jangka pendek.
Abaikan angka di timbangan terlebih dahulu, konsentrasi pada manfaat kesehatan dari penurunan berat badan, seperti meredakan nyeri punggung dan pinggul. Memfokuskan pikiran pada tujuan jangka pendek akan menjadi motivasi yang efektif dalam program diet, saran para peneliti dari University of Cincinnati.

Source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7848851

Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com