Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Minggu, April 03, 2011

Bangunan dari 1,5 Juta Limbah Botol Plastik

. Minggu, April 03, 2011

Awalnya kami berpikir sampah apa yang dapat digunakan untuk membangun bangunan yang benar-benar low-carbon, lalu kami melihat ke dalam tempat sampah kami sendiri dan tersadar bahwa di kantor kami sampah terbanyak adalah botol PET bekas karena semua engineer kami suka sekali minum teh dalam kemasan botol,” Arthur Huang (Miniwiz Sustainable Energy Development, Ltd.)

Itulah petikan dari video proses konstruksi EcoARK Exhibition Hall Taiwan, gedung 3 lantai yang dibangun dari 1,5 juta botol plastik bekas yang kemudian tidak saja mengusik kreatifitas banyak orang untuk terus menggali kemungkinan menciptakan arsitektur dari barang bekas tapi juga berhasil menjadi daya tarik wisata di Taiwan.
Spoiler for Bangunan dari 1,5 Juta Limbah Botol Plastik:

Fasade bangunan disusun sedemikian rupa dengan menggunakan polli-brick yang terbuat dari botol PET bekas. Polli-brick menciptakan bentuk saling mengait dan mengunci (interlocking) serupa susunan geometris pada sarang lebah madu. Seluruh selubung bangunan adalah botol plastik yang diproses ulang hingga berbentuk kontainer plastik yang saling mengikat kuat sehingga memiliki daya tahan terhadap badai dan gempa bumi.

Fungsi bangunan meliputi amphitheater, ruang pamer/museum dan ‘layar’ air yang berfungsi mendinginkan ruang yang terbentuk dari air hujan bila musim hujan tiba. Dinding bangunan yang terdiri dari jutaan botol plastik ini bersifat tembus cahaya sehingga pada siang hari akan menyaring cahaya alami untuk masuk ke dalam bangunan. Para arsiteknya menyebut bangunan ini sebagai keajaiban lingkungan sekaligus sebagai bangunan paling ringan di dunia.

Bangunan berdimensi panjang 130 meter dan tinggi 26 meter ini dibangun selama 3 tahun dan merupakan milik sebuah grup perusahaan Taiwan, Far Eastern Group, yang bergerak di bidang konstruksi dan keuangan. Namun pada bulan Mei 2010 lalu oleh Far Eastern bangunan ini diserahkan kepada pemerintah kota.

Grup Far Eastern, sebuah konglomerat Taiwan yang bergerak dibidang konstruksi dan jasa keuangan, memesannya tiga tahun lalu. Far Eastern akan menyumbangkan bangunan senilai 133 juta Dollar Taiwan pada pemerintah kota Taiwan, digunakan sebagai pavilion bergengsi dalam pameran tanaman pada bulan November mendatang.

Menurut keterangan Arthur Huang, Pengembang Energi Daur Ulang Miniwiz Ltd, inspirasi untuk membangun dengan botol plastik ini datang pada suatu hari."Ketika kita berpikir tentang jenis sampah apa yang bisa digunakan untuk membuat bangunan ramah lingkungan, kami melihat tong sampah dan sadar bahwa hampir seluruh sampah di kantor kami adalah botol plastik, karena pegawai kami suka minum teh botol plastik,"terang Arthur Huang.






Source : http://irfanfariansyah.blogspot.com/2011/01/bangunan-dari-15-juta-limbah-botol.html

Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com