Inilah Keindahan Taman Laut Selat Lembeh

Selat lembeh adalah perairan sempit (selat) yang memisahkan daratan utama pulau sulawesi dengan pulau lembeh. Kota bitung terletak di salah satu sisi selat ini. Selat ini dikenal memiliki kekayaan keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi dan menjadi salah satu objek wisata selam utama di sulawesi utara.

Selat lembeh merupakan sebuah pulau yang secara administratif berada dalam wilayah otonom kota bitung yang merupakan salah satu kota di provinsi sulawesi utara. Di sepanjang perairan selat lembeh terdapat pulau-pulau kecil tak berpenghuni dengan struktur batuan kapur yang rapuh dan terangkat ke atas permukaan. Keseluruhan bentuk morfologi daratan yang membentang di sepanjang kedua sisi selat lembeh ini membentuk panorama alam yang berkesan dramatis.

Selat lembeh atau biasa disebut lembeh strait merupakan tempat wisata favorit bagi para penggemar wisata bawah laut. Berbagai flora dan fauna seperti terumbu karang beraneka warna dan fauna laut yang mempesona pasti mengundang decak kagum bagi setiap orang yang melihatnya. Untuk informasi anda, perairan selat lembeh termasuk dalam wilayah kecamatan bitung selatan, kotamadya bitung, propinsi sulawesi utara. Perairan yang mempesona ini terkenal dengan keanekaragaman invertebrata terutama dari kelompok echinodermata.

Selat lembeh yang merupakan salah satu tempat diving favorit di dunia ini memang begitu mempesona. Keindahan bahari dan keunikan serta keragaman flora dan fauna di selat lembeh memang tidak akan pernah terlupakan. Keunikan dan kecantikannya, warna-warni flora dan faunanya, serta pesonanya, pasti akan membuat anda jatuh cinta pada selat lembeh.

Lokasi ini terkenal secara internasional dengan keragaman biota lautnya yang hanya ada di tempat itu. Di sini anda akan dapat menemukan gurita mimic, kuda laut pygmy, sotong, dan frogfish berambut. Tempat ini merupakan surga untuk fotografi bawah laut dan sering disebut “kiblat dari fotografi makro”. Bagaimanapun juga tetap waspada, keindahan selat lembeh diperuntukkan bagi penyelam yang berpengalaman.

Pesona Selat Lembeh

selat lembeh merupakan salah satu objek daya tarik wisata kota bitung. Di pulau ini berkembang wisata bawah air (diving). Di ulau ini berdiri resort-resort yang menawarkan paket wisata diving. Selat lembeh telah dikenal dan diakui oleh banyak para wisatawan manca negara akan keindahan biota laut. Bila bunaken di kenal akan keidahan karang lautnya, maka selat lembeh dikenal akan keaneka ragaman floara dan fauna bawah lautnya.

Disamping keindahan akan flora dan fauna bawah laut, pulau lembeh juga punya keindahan panaroma alamnya. Pulau yang terbentuk dari bebatuan kapur tersebut dibungkus indah oleh hijaunya dedaunan pohon kelapa. Tidak berlebihan sekiranya pulau ini disebut pulau sejuta nyiur.


Flora dan Fauna

Flora dan fauna di selat lembeh memang sangat mempesona. Berbagai ikan-ikan yang mempesona, terumbu karang beraneka warna dan juga hewan-hewan laut lainnya seperti gurita, banggai cardinalfish, cumi-cumi, kerang berwarna-warni, mandarin fish, lion fish dengan warna yang cerah, dan juga berbagai flora dan fauna lainnya yang pasti akan membuat anda betah berlama-lama berada di bawah laut.

Lokasi Diving


Police pier

Tempat ini memiliki kemiringan dangkal berpasir dan banyak puing-puing. Namun jangan biarkan hal ini membuat anda pergi, karna biota laut membuat tempat persembunyian yang sangat baik untuk segala macam makhluk eksotis. Di bawah dermaga itu sendiri anda dapat melihat frogfish, kuda laut, waspfish, belut ular, cleanershrimp dan cumi-cumi, dan cardinalfish banggai. Tempat ini juga merupakan tempat yang bagus untuk menyelam pada malam hari.



Nudi falls

Sebuah batu vertikal kecil tetes ke sebuah lereng yang berakhir pada dasar berpasir abu-abu di 25 meter. Seperti namanya tempat menyelam ini anda dapat melihat rumah karang lunak segudang makro, kuda laut kerdil, frogfish dan udang mantis.

Hairball

Tempat aneh ini adalah salah satu yang lebih populer di lembeh. Penampakan frogfish sini cukup banyak dijamin di tempat tidur pasir hitam kehidupan. Anda dapa melihat gurita, kepiting dan krustasea dan juga makhluk-makhluk yang bisa menyamar, seperti ganggang yang bisa berkamuflase dengan hebat, batfish remaja, cardinalfish dan zebra kepiting juga bisa terlihat.

Critter hunt

Terletak di ujung selatan pulau kecil, spot pada kesan pertama tidak terlihat seperti banyak. Namun dengan mayoritas menyelam lembeh namun mengawasi dengan kesabaran adalah kunci untuk tersebar di antara puing-puing disini anda dapat menemukan segudang makro, kepiting dekorator, waspfish, frogfish dan lobster.

Angel's window

terletak di lepas pantai utara pulau lembeh lokasi ini memiliki sejumlah gorgonian yang merupakan rumah bagi kuda laut kerdil. Sedikit berbeda dengan seluruh lokasi penyelaman lembeh, tempat ini lebih seperti menyelami terumbu karang. Visibilitas biasanya sedikit lebih baik dan ada beberapa swimthrough sekitar 25 meter yang membentuk "jendela". Kakap dan jack sering ditemukan nongkrong di sini dan dinding dilapisi dengan crinoid dan featherstars.

California dreaming

ini adalah lokasi menyelam baik untuk mendapatkan tempat yang nyaman untuk istirahat. Terdapat taman karang dengan karang besar dan merah gorgonian yang sangat indah. Visibilitas di sini juga sering lebih baik dari situs lainnya. Ada dataran tinggi sekitar 14 meter di mana makhluk-makhluk dapat ditemukan bagi mereka pecandu makro.

Teluk kembahu

Situs-situs menyelam ini, disingkat tk1 dan tk2, diberi nama setelah sebuah desa setempat yang ditemukan di sisi sulawesi selat. Topografi terdiri dari dasar berpasir gelap dengan puing-puing berserakan. Anda dapat melihar gurita pertama terlihat di lembeh, lokasi ini juga rumah bagi cardinalfish banggai yang hanya dapat ditemukan di wilayah ini, mandarinfish, gobys, devilfish, frogfish, kepiting porselin dan razorfish. Tempat ini adalah lokasi menyelam yang luar biasa.

Mawali wreck

Dilokasi ini terdapat sebuah kapal kargo baja jepang dari perang dunia ii yang tenggelam pada tahun 1943. Dalamnya mencapai 15-30 meter dari petmukaan laut. Kapal ini memiliki panjang sekitar 65 meter dan memiliki pertumbuhan karang bagus,terdapat sejumlah lionfish besar di suspensi atas raksasa tersebut.termasuk pipefish, nudibranch dan udang.

Bimoli wreck

Di lokasi ini juga terdapat kapal kargo jepang dari perang dunia ii yang lain terletak di sisi kanan di 30 meter air. Struktur memutar sekarang dimanfaatkan untuk membentuk rumah dari sejumlah makhluk seperti lobster karang, barakuda dan tuna.

Fasilitas

Soal fasilitas penginapan dan lainnya, Anda tidak perlu khawatir. Tempat wisata ini memiliki banyak fasilitas penginapan yang mendukung, seperti Black Sand Dive Retreat, SDQ Lembeh, Kungkungan Bay Resort, Lembeh Resort, Divers Lodge Lembeh, Bastianos Lembeh, Makawidey Resort, Kasawari Resort, Lembeh Hills, dan lainnya.

Akses menuju Selat Lembeh

Untuk menuju selat Lembeh, terlebih dahulu harus menempuh jalan darat sepanjang ± 45 kilometer dari kota Manado ke kota Bitung. Dalam menempuh perjalanan dari Manado ke Bitung, sarana angkutan umum yang digunakan antara lain adalah bus double ankle berukuran 3/4 ataupun taxi dari Manado ke Bitung.

Sesampai di Bitung, perjalanan dilanjutkan dengan penyeberangan laut dengan menggunakan kapal motor ± 15 menit dari pelabuhan laut Bitung. Penyeberangan ini relatif sangat aman karena laut terhalang oleh pulau Lembeh sehingga permukaan air relatif cukup tenang.





Source : kaskus.us