Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Rabu, November 03, 2010

Inilah Anjing Pertama Yang Terbang ke Luar Angkasa

. Rabu, November 03, 2010

Pada 53 tahun yang lalu, Laika menjadi anjing sekaligus mahluk Bumi pertama yang dikirim ke luar angkasa pada 3 November 1957. Anjing ras campuran husky Siberia ini merupakan satu-satunya penumpang dalam pesawat antariksa Uni Soviet, Sputnik 2.

Sebelum ikut bertualang ke luar angkasa, Laika hidup di jalanan Moskow. Laman stasiun televisi History Channel melaporkan dia bertahan hidup selama beberapa hari dalam Sputnik 2 dengan bantuan sistem dukung hidup artifisial.

Kabel-kabel elektroda yang ditancapkan ke tubuh anjing betina ini memberikan informasi mengenai dampak perjalanan antariksa terhadap sistem biologis makhluk hidup. Laika mati saat baterai sistem penopang hidupnya habis.

Setelah itu, sepuluh anjing Rusia lain juga diluncurkan ke luar angkasa, lima di antaranya mati. Mereka merupakan bagian dari persiapan peluncuran manusia ke luar angkasa. Kisah tentang Laika ini dapat ditemukan dalam novel grafis karya Nick Abadzis.

Pada 12 April 1961, kosmonaut Rusia Yuri Gagarin merupakan manusia pertama yang pergi ke antariksa dengan pesawat Vostok 1. Gagarin satu kali mengorbiti bumi dan mendarat dengan selamat di tanah Uni Soviet.

Source : http://dunia.vivanews.com/news/read/186478-mahluk-bumi-pertama-yang-ke-luar-angkasa

Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com