Inilah Tanda - Tanda Kehamilan

Apakah saya hamil? Begitu pertanyaan pertama jika haid Anda datang terlambat. Kemungkinan besar Anda tidak akan melihat adanya tanda-tanda lain sampai haid terlambat. Atau satu hingga dua minggu kemudian. Bila Anda masuk dalam golongan perempuan dengan haid teratur, maka Anda bisa segera "membaca" tanda tubuh bahwa sang jabang bayi bakal hadir. Namun jika Anda tidak mencatat siklus haid anda atau haid Anda sangat bervariasi dari satu bulan ke bulan berikutnya, Anda mungkin tidak yakin kapan pastinya datang bulan Anda.

Tapi jika Anda mulai mengalami beberapa gejala di bawah ini - walau tidak semua wanita hamil mengalaminya - Anda mungkin sekali hamil. Untuk pastinya, ya silakan pergi ke apotek membeli alat tes kehamilan. Mengambil tes kehamilan di rumah untuk mencari tahu pasti!

Tanda ke-10: Bengkak payudara

Salah satu tanda-tanda awal kehamilan adalah payudara yang sensitif, cenderung sakit bila disentuh akibat meningkatnya kadar hormon. Rasanya, seperti mau haid. Ketidaknyamanan Anda akan berkurang secara signifikan setelah trimester pertama, karena tubuh Anda menyesuaikan dengan perubahan hormonal.

Tanda ke-9: Kelelahan

Merasa lelah tiba-tiba padahal tidak tengah beraktivitas yang menguras tenaga? Ya, tidak ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan kelelahan awal kehamilan, tetapi kemungkinan meningkat pesatnya hormon progesteron yang menyumbangnya. Anda juga jadi gampang mengantuk.

Anda akan mulai merasa lebih energik setelah Anda mencapai trimester kedua kehamilan, walaupun kelelahan akan muncul kembali di akhir kehamilan. Pada fase ini, Anda juga mungkin akan mengalami gangguan tidur. ketika Anda membawa sekitar berat badan lebih banyak dan beberapa ketidaknyamanan umum kehamilan membuatnya lebih sulit untuk mendapatkan tidur malam yang baik.

Tanda ke-8: Perdarahan kecil

Beberapa wanita memiliki sejumlah kecil perdarahan vagina sekitar hari ke-11 atau 12 hari setelah pembuahan. Perdarahan bisa disebabkan oleh "penggalian" sel telur ke dalam lapisan darah rahim Anda - sebuah proses yang dimulai hanya enam hari setelah pembuahan - tapi tidak ada yang tahu pasti.

Perdarahan sangat ringan (muncul sebagai bercak merah atau merah muda atau coklat kemerahan) dan hanya berlangsung satu atau dua hari. (Biarkan dokter anda tahu jika anda melihat ada perdarahan atau bercak, terutama jika disertai dengan rasa sakit, karena ini bisa menjadi tanda kehamilan ektopik).

Tanda ke-7: Mual atau muntah

Jika Anda seperti kebanyakan wanita, Anda akan mengalami apa yang disebut morning sickness, yaitu rasa tak nyaman pada tubuh yang disertai mual dan muntah, umumnya pada pagi hari.

etapi beberapa perempuan mulai merasa mual lebih awal. Dan bukan hanya di pagi hari, bisa juga siang atau malam hari. Biasanya gejala ini akan selesai pada awal trimester kedua.

Tanda ke-6: Sensitivitas terhadap bau meningkat

Saat Anda hamil muda, bisa jadi sandwich atau secangkir kopi dan aroma tertentu bisa memancing rasa mual. Meskipun tidak ada yang tahu pasti, ini mungkin merupakan efek samping dari peningkatan pesatnya jumlah estrogen dalam sistem tubun Anda. Anda juga dapat menemukan bahwa makanan tertentu yang biasanya Anda nikmati dengan lahap, tiba-tiba menjadi menjijikkan bagi Anda.

Tanda ke-5: Perut kembung

Perubahan hormonal pada awal kehamilan dapat membuat Anda merasa kembung, mirip dengan perasaan beberapa wanita yang mengalaminya menjelang haid. Itu sebabnya pakaian Anda mungkin merasa sedikit sempit, biasanya di pinggang.

Tanda ke-4: Sering buang air kecil

Segera setelah Anda menjadi hamil, Anda mungkin menemukan diri Anda bergegas ke kamar mandi sepanjang waktu. Mengapa? Terutama karena selama kehamilan jumlah darah dan cairan lain dalam tubuh meningkat, yang kemudian diproses oleh ginjal Anda dan berakhir di kandung kemih Anda.

Gejala ini mungkin mulai sejak enam minggu dalam trimester pertama Anda dan berlanjut bahkan semakin menjadi pada kehamilan trimester akhir akibat tekanan tahim pada kandung kemih.

atau memperburuk sebagai kehamilan berlanjut dan bayi Anda tumbuh tekanannya lebih pada kandung kemih Anda.

Tanda ke-3: Telat datang bulan

Jika datang bulan Anda biasanya cukup rutin dan tiba tepat waktu, Anda mungkin akan melakukan tes kehamilan jauh sebelum Anda melihat salah satu gejala di atas. Tapi jika tidak teratur, maka singal di atas mungkin akan muncul sebelum Anda menyadari ternyata haid Anda tidak pernah datang lagi paling tidak untuk 10 bulan ke depan.

Tanda ke-2: Suhu tubuh basal Anda tetap tinggi

Jika Anda telah mencatat suhu tubuh basal anda dan anda melihat bahwa suhu tetap tinggi selama 18 hari berturut-turut, Anda mungkin hamil.

Dan akhirnya ...

Tanda ke-1: Buktikan dengan tes kehamilan

Alat tes kehamilan yang dijual di pasaran kerap tidak cukup peka untuk mendeteksi kehamilan paling sampai sekitar seminggu setelah telat datang bulan. Jadi, jika Anda mendapatkan hasil negatif, coba lagi dalam beberapa hari.

Setelah Anda mendapatkan hasil yang positif, buatlah janji dengan dokter Anda. Dan ubahlah profil Anda menjadi "calon ibu"....

Source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5800419