Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Kamis, Januari 20, 2011

Menakjubkan, Inilah Ibu Seluruh Cuaca Saturnus

. Kamis, Januari 20, 2011

Badai putih raksasa di Saturnus mencapai dua kali ukuran Bumi. Bahkan badai itu dapat mengakhiri semua badai di Bumi. Ini fenomena paling ditunggu selama beberapa dekade. Gambar yang diambil pesawat luar angkasa Cassini milik NASA ini memperlihatkan badai yang terjadi di belahan utara Saturnus. Pusat badai berukuran dua kali volume Bumi.

Meskipun berada 3.600 mil dari keseluruhan sistem, termasuk ekor badai kanan sejauh 36 ribu mil, badai itu tetap memukau para ahli. Muncul pula warna hijau dan bayangan gelap di sekitar cincin planet.

Juru bicara NASA mengatakan, akhir tahun lalu, badai baru yang sangat terang terjadi di belahan utara Saturnus. "Badai ini tampak putih karena terdiri dari krisal es amonia.”

Saat badai putih terang itu terjadi, Anthony Wesley dari Australia berhasil menanggap beberapa gambar amatir. "Ini merupakan badai Saturnus paling terang selama beberapa dekade," ujar Wesley, astronom amatir yang memiliki situs Ice In Space.

Badai putih raksasa yang dikenal dengan nama Great Whit Spots ini terjadi berkala di Saturnus sehingga dianggap menciptakan ketidakstabilan materi di planet itu. Badai sangat besar sehingga dapat tertangap teleskop bumi/

Badai Saturnus terjadi setidaknya 28,5 tahun sekali. Ilmuwan berhasil menyadari fenomena ini pada 1876, 1903, 1933, 1960 dan 1990. Gambar terbaru diperoleh Cassini pada akhir 2010 karena pesawat itu baru diluncurkan NASA pada 1997.

Source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6722374

Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com