Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Rabu, Agustus 10, 2011

Inilah Keindahan Taman Laut Selat Lembeh

. Rabu, Agustus 10, 2011

Selat lembeh adalah perairan sempit (selat) yang memisahkan daratan utama pulau sulawesi dengan pulau lembeh. Kota bitung terletak di salah satu sisi selat ini. Selat ini dikenal memiliki kekayaan keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi dan menjadi salah satu objek wisata selam utama di sulawesi utara.

Selat lembeh merupakan sebuah pulau yang secara administratif berada dalam wilayah otonom kota bitung yang merupakan salah satu kota di provinsi sulawesi utara. Di sepanjang perairan selat lembeh terdapat pulau-pulau kecil tak berpenghuni dengan struktur batuan kapur yang rapuh dan terangkat ke atas permukaan. Keseluruhan bentuk morfologi daratan yang membentang di sepanjang kedua sisi selat lembeh ini membentuk panorama alam yang berkesan dramatis.

Selat lembeh atau biasa disebut lembeh strait merupakan tempat wisata favorit bagi para penggemar wisata bawah laut. Berbagai flora dan fauna seperti terumbu karang beraneka warna dan fauna laut yang mempesona pasti mengundang decak kagum bagi setiap orang yang melihatnya. Untuk informasi anda, perairan selat lembeh termasuk dalam wilayah kecamatan bitung selatan, kotamadya bitung, propinsi sulawesi utara. Perairan yang mempesona ini terkenal dengan keanekaragaman invertebrata terutama dari kelompok echinodermata.

Selat lembeh yang merupakan salah satu tempat diving favorit di dunia ini memang begitu mempesona. Keindahan bahari dan keunikan serta keragaman flora dan fauna di selat lembeh memang tidak akan pernah terlupakan. Keunikan dan kecantikannya, warna-warni flora dan faunanya, serta pesonanya, pasti akan membuat anda jatuh cinta pada selat lembeh.

Lokasi ini terkenal secara internasional dengan keragaman biota lautnya yang hanya ada di tempat itu. Di sini anda akan dapat menemukan gurita mimic, kuda laut pygmy, sotong, dan frogfish berambut. Tempat ini merupakan surga untuk fotografi bawah laut dan sering disebut “kiblat dari fotografi makro”. Bagaimanapun juga tetap waspada, keindahan selat lembeh diperuntukkan bagi penyelam yang berpengalaman.

Pesona Selat Lembeh

selat lembeh merupakan salah satu objek daya tarik wisata kota bitung. Di pulau ini berkembang wisata bawah air (diving). Di ulau ini berdiri resort-resort yang menawarkan paket wisata diving. Selat lembeh telah dikenal dan diakui oleh banyak para wisatawan manca negara akan keindahan biota laut. Bila bunaken di kenal akan keidahan karang lautnya, maka selat lembeh dikenal akan keaneka ragaman floara dan fauna bawah lautnya.

Disamping keindahan akan flora dan fauna bawah laut, pulau lembeh juga punya keindahan panaroma alamnya. Pulau yang terbentuk dari bebatuan kapur tersebut dibungkus indah oleh hijaunya dedaunan pohon kelapa. Tidak berlebihan sekiranya pulau ini disebut pulau sejuta nyiur.


Flora dan Fauna

Flora dan fauna di selat lembeh memang sangat mempesona. Berbagai ikan-ikan yang mempesona, terumbu karang beraneka warna dan juga hewan-hewan laut lainnya seperti gurita, banggai cardinalfish, cumi-cumi, kerang berwarna-warni, mandarin fish, lion fish dengan warna yang cerah, dan juga berbagai flora dan fauna lainnya yang pasti akan membuat anda betah berlama-lama berada di bawah laut.

Lokasi Diving


Police pier

Tempat ini memiliki kemiringan dangkal berpasir dan banyak puing-puing. Namun jangan biarkan hal ini membuat anda pergi, karna biota laut membuat tempat persembunyian yang sangat baik untuk segala macam makhluk eksotis. Di bawah dermaga itu sendiri anda dapat melihat frogfish, kuda laut, waspfish, belut ular, cleanershrimp dan cumi-cumi, dan cardinalfish banggai. Tempat ini juga merupakan tempat yang bagus untuk menyelam pada malam hari.



Nudi falls

Sebuah batu vertikal kecil tetes ke sebuah lereng yang berakhir pada dasar berpasir abu-abu di 25 meter. Seperti namanya tempat menyelam ini anda dapat melihat rumah karang lunak segudang makro, kuda laut kerdil, frogfish dan udang mantis.

Hairball

Tempat aneh ini adalah salah satu yang lebih populer di lembeh. Penampakan frogfish sini cukup banyak dijamin di tempat tidur pasir hitam kehidupan. Anda dapa melihat gurita, kepiting dan krustasea dan juga makhluk-makhluk yang bisa menyamar, seperti ganggang yang bisa berkamuflase dengan hebat, batfish remaja, cardinalfish dan zebra kepiting juga bisa terlihat.

Critter hunt

Terletak di ujung selatan pulau kecil, spot pada kesan pertama tidak terlihat seperti banyak. Namun dengan mayoritas menyelam lembeh namun mengawasi dengan kesabaran adalah kunci untuk tersebar di antara puing-puing disini anda dapat menemukan segudang makro, kepiting dekorator, waspfish, frogfish dan lobster.

Angel's window

terletak di lepas pantai utara pulau lembeh lokasi ini memiliki sejumlah gorgonian yang merupakan rumah bagi kuda laut kerdil. Sedikit berbeda dengan seluruh lokasi penyelaman lembeh, tempat ini lebih seperti menyelami terumbu karang. Visibilitas biasanya sedikit lebih baik dan ada beberapa swimthrough sekitar 25 meter yang membentuk "jendela". Kakap dan jack sering ditemukan nongkrong di sini dan dinding dilapisi dengan crinoid dan featherstars.

California dreaming

ini adalah lokasi menyelam baik untuk mendapatkan tempat yang nyaman untuk istirahat. Terdapat taman karang dengan karang besar dan merah gorgonian yang sangat indah. Visibilitas di sini juga sering lebih baik dari situs lainnya. Ada dataran tinggi sekitar 14 meter di mana makhluk-makhluk dapat ditemukan bagi mereka pecandu makro.

Teluk kembahu

Situs-situs menyelam ini, disingkat tk1 dan tk2, diberi nama setelah sebuah desa setempat yang ditemukan di sisi sulawesi selat. Topografi terdiri dari dasar berpasir gelap dengan puing-puing berserakan. Anda dapat melihar gurita pertama terlihat di lembeh, lokasi ini juga rumah bagi cardinalfish banggai yang hanya dapat ditemukan di wilayah ini, mandarinfish, gobys, devilfish, frogfish, kepiting porselin dan razorfish. Tempat ini adalah lokasi menyelam yang luar biasa.

Mawali wreck

Dilokasi ini terdapat sebuah kapal kargo baja jepang dari perang dunia ii yang tenggelam pada tahun 1943. Dalamnya mencapai 15-30 meter dari petmukaan laut. Kapal ini memiliki panjang sekitar 65 meter dan memiliki pertumbuhan karang bagus,terdapat sejumlah lionfish besar di suspensi atas raksasa tersebut.termasuk pipefish, nudibranch dan udang.

Bimoli wreck

Di lokasi ini juga terdapat kapal kargo jepang dari perang dunia ii yang lain terletak di sisi kanan di 30 meter air. Struktur memutar sekarang dimanfaatkan untuk membentuk rumah dari sejumlah makhluk seperti lobster karang, barakuda dan tuna.

Fasilitas

Soal fasilitas penginapan dan lainnya, Anda tidak perlu khawatir. Tempat wisata ini memiliki banyak fasilitas penginapan yang mendukung, seperti Black Sand Dive Retreat, SDQ Lembeh, Kungkungan Bay Resort, Lembeh Resort, Divers Lodge Lembeh, Bastianos Lembeh, Makawidey Resort, Kasawari Resort, Lembeh Hills, dan lainnya.

Akses menuju Selat Lembeh

Untuk menuju selat Lembeh, terlebih dahulu harus menempuh jalan darat sepanjang ± 45 kilometer dari kota Manado ke kota Bitung. Dalam menempuh perjalanan dari Manado ke Bitung, sarana angkutan umum yang digunakan antara lain adalah bus double ankle berukuran 3/4 ataupun taxi dari Manado ke Bitung.

Sesampai di Bitung, perjalanan dilanjutkan dengan penyeberangan laut dengan menggunakan kapal motor ± 15 menit dari pelabuhan laut Bitung. Penyeberangan ini relatif sangat aman karena laut terhalang oleh pulau Lembeh sehingga permukaan air relatif cukup tenang.





Source : kaskus.us


Baca Selanjutnya »»

Senin, Agustus 08, 2011

Inilah 8 Cara agar Tetap Kenyang Lebih Lama

. Senin, Agustus 08, 2011

Untuk membantu menjaga asupan kalori anda dalam takaran yang sehat, beberapa ahli telah meneliti dan menemukan cara bagaimana anda dapat tetap kenyang untuk lebih lama. Dibawah ini, ada 8 cara agar tetap kenyang lebih lama dan akhirnya menghindari kegemukan :

1. Konsumsi Makanan Berlemak


Kendengarannya aneh, tetapi menghilangkan semua lemak dari makanan anda akan membuat anda lebih gemuk sebetulnya. Tubuh anda membutuhkan lemak tak jenuh ( baik) untuk berfungsi dengan baik dan tetap berenergi dan juga menyerap vitamin vitamin tertentu.

Perlu beberapa bukti? Sebuah studi baru baru ini yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas California, di Irvine, menunjukkan bahwa lemak tak jenuh yang ditemukan dalam kandungan alpukat dan minyak zaitun, dicerna menjadi zat yang dapat mengekang rasa lapar anda.

Tapi hati hati jangan lebih mengkonsumsinya. Pastikan hanya 30 persen dari kalori harian anda berasal dari lemak, kata Rania Batayneh, MPH, seorang ahli nutrisi di tempat praktek pribadinya di San Fransisco dan Portland. Jika anda mengkonsumi 1500 kalori dalam diet anda, makanan anda seharusnya mengandung batas maksimum 10 persen dari lemak jenuh.

2. Mengunyah Permen Karet

Sebuah studi menemukan bahwa jika anda mengunyah permen karet 60 menit di pagi hari, anda akan mengkonsumsi 67 persen lebih dikit kalori di makan siang anda. “ Ada beberapa bukti bahwa mengunyah permen karet dapat membantu menimbulkan rasa kekenyangan dan mengurangi nafsu makan,” kata Elaine Rush,PHD, profesor di Universitas Teknologi Auckland. “Mekanisme yang tepat tidak jelas, tapi dianggap mempunyai hubungan dengan mengunyah serta rasa, bau, dan aliran air liur.”

Untuk menjaga gigi gigi anda dengan baik, pastikan permen karetnya adalah yang bebas gula, karena gula dalam permen karet menimbulkan kerusakan gigi. Hal itu dapat memperbaiki aliran air liur, dimana dapat menekan nafsu makan anda selanjutnya, kata dr. Rush.



3. Snack Almond


Ini adalah cara cara alami yang mengandung serat dan lemak tak jenuh, dimana mengkombinasikan dan menciptakan sebuah kekuatan yang dapat membuat anda merasa kenyang. Tidak hanya itu, sebuah studi akhir ini telah menemukan bahwa anda dapat mengecilkan pinggang anda sebanyak 14 persen jika anda makan segenggam penuh almond tiap harinya selama setengah tahun. Bagaimanapun, almond berkalori tinggi, jadi tetap tidak mengkonsumi lebih dari 3 ons setiap harinya untuk mendapatkan penurunan berat badan yang optimal.

4. Mengembalikan Karbohidrat ke Diet Anda


Kita tahu bahwa karbohidrat dilarang beberapa tahun yang lalu dari daftar diet, tapi sekarang muncul lagi, dan kita sedang mempelajari bahwa karbohidrat lebih baik buat anda dari yang pernah dipikirkan. Seperti mengandung lemak yang baik dan tidak baik, tidak semua karbohidrat dihasilkan sama, Pilih karbohidrat yang kompleks, dapat ditemukan di buah-buahan, sayur-sayuran dan biji serelia, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan oleh karena itu membantu membuat anda tetap merasa kenyang.

Kentang juga membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna sehubungan dengan adanya sebuah jenis pati yang menolak enzim percernaan, kata Batayneh, “Kentang sebetulnya dapat berfungsi buat kita,” dan sering menganjurkan kepada kliennya untuk mengkonsumsi setengah dari kentang yang besar tiap hari di saat makan siang. Untuk mendapatkan nutrisi yang lebih, dapat mengkonsumsi kentang manis, dimana kentang jenis ini mengandung serat yang tinggi dan juga vitamin A dan C.

5. Jeruk Grapefruit


Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan setengah Grapefruit dengan sarapan, makan siang dan makan malam telah menurunkan berat badannya sebesar 4 pons hanya dalam tiga bulan. Itu karena jeruk bali dapat menurunkan insulin anda, yang mengatur proses metabolisme lemak anda, menekan nafsu makan dan membakar kalori lebih cepat. Sayangnya tidak demikian dengan jus jeruk, dimana biasanya jus jeruk mengandung banyak gula. Jika anda ingin mengkonsumsi Grapefruit dengan bentuk sajian jus, tinggal di peras tanpa menambahkan pemanis ke dalamnya.


6. Melakukan Gym


Melakukan gym tidak hanya membantu anda membakar kalori, namun juga menurunkan nafsu makan. Sebuah studi di American Journal of Physiology telah menemukan bahwa melakukan setengah jam cardio akan menurunkan nafsu makan anda sampai 2 jam setelah selesai latihan.

Latihan cardio menurunkan ghrelin (sebuah hormon yang bekerja menaikkan nafsu makan) anda, dan menaikkan produksi hormon yang menekan nafsu makan anda. Bagaimanapun, melakukan latihan gerakan cardio hari demi hari dapat memerankan efek positif dalam metabolisme dan plateau. Pastikan untuk menggabungkan paling sedikit 2 kali dalam sebulan dengan latihan latihan yang lain, seperti bersepeda, berlari dan elliptical machine (alat gym buat daerah kaki).



7. Aromaterapi


Mungkin kedengaran agak baru dalam hal ini, tapi sebuah studi menemukan bahwa orang yang menghirup aroma peppermint setiap 2 jam mengkonsumsi 2.700 kalori lebih dikit tiap minggunya, dan membuat mereka telah menurunkan 1 pon tiap minggunya. Bau dari aroma tersebut bekerja dalam otak anda, membuat anda berpikir sudah makan dan lebih kenyang dari yang sebenarnya. Menghirup perppermint lebih sering bahkan berdampak lebih baik, jadi nyalakan sebuah lilin dan anda akan mendapatkan hasil yang gemilang.


8. Blueberry


Blueberry dapat memberi dampak pada gen-gen yang berfungsi mengatur pembakaran dan penyimpanan lemak, jadi konsumsi blueberry tidak hanya membuat anda merasa kenyang, tapi juga membantu menghilangkan lemak perut yang lebih, kata Michell Seymour, PHD, ilmuwan peneliti. Dalam studi dr. Seymour, para partisipan memakan secangkir blueberry tiap hari selama 3 bulan, dan berhasil menurunkan 3 persen dari lemak di tubuh mereka. Jika blueberry segar tidak dalam musimnya, memakan yang sudah dibekukan juga akan mendapat manfaat yang sama.

Source : http://erabaru.net/


Baca Selanjutnya »»

Cara Membuat Luka Palsu A'la Hollywood

.

1. Siapkan alat-alat dan material yang diperlukan :
- Tinta merah,
- Tusuk gigi,
- Cotton buts,
- Brush cuci piring,
- Lem.

2. Buatlah "area luka" dengan menggunakan lem

3. Tunggu sampai lemnya kering.

4. Rapihkan lem dengan tusuk gigi untuk mempertegas area luka


5. Ratakan lem yang masih menggumpal dengan brush cuci piring.


6. Samarkan area luka bagian luar dengan sedikit tinta merah


7. Oleskan tinta merah (menggunakan cotton buts) untuk mempertegas daerah luka (agar kelihatan seperti nyata)
8. Ratakan lem dengan menggunakan tusuk gigi untuk membentuk "broken skin".


9. Oleskan tinta merah di bagian dalam area luka.


10. Tunggu sampai kering


11. Selesai.
Luka palsu anda sudah jadi. Tinggal pura - pura kesakitan.

Source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10045540


Baca Selanjutnya »»

Ternyata Meditasi Bantu Atasi Keterbatasan Diri

.

Keseimbangan kearifan yoga merumuskan lima prinsip dasar pemikiran. Di antaranya prinsip fungsi postur atau Yoga Asanas, Pranayama yang membeberkan makna olah tubuh yang tepat dan pernapasan yang tepat, serta Savasana atau relaksasi maksimum untuk mendinginkan sistem tubuh. Nah, bagian kedua dari tulisan ini akan mengupas dua kunci prinsip kearifan lain yang menyempurnakan semboyan hidup dan berpikir sederhana.

Pola Makan yang Tepat
Pola makan yoga atau Sattvic vegetarian adalah metoda memberikan bahan bakar yang tepat untuk tubuh dan pikiran. Penggunaan yang optimal dari makanan, air, cahaya matahari merupakan aspek yang penting. Makanan dari bahan yang segar, sederhana, dan alami yang mudah dicerna dan diserap adalah kunci bagi tubuh yang sehat dan berfungsi baik.

Latihlah diri untuk mengkonsumsi makanan sehat, yaitu makanan yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Makanan segar dan sederhana adalah gambaran makanan yang sehat.

Pikiran Positif dan Meditasi Menumbuhkan Cara Pikir yang Positif
Dyana dan Vedanta atau pikiran yang meditatif dan positif mampu menyingkirkan berbagai hambatan dalam perjalanan hidup. Meditasi dapat membantu manusia melewati keterbatasan yang ada dalam diri dan mengenal kedamaian hati.

Sebenarnya kebahagiaan yang dicapai melalui pikiran bersifat sementara dan mengambang. Kebahagiaan semacam ini dibatasi oleh alam. Sementara untuk mencapai kebahagiaan dan kedamaian absolut, terlebih dahulu harus memahami cara menenangkan pikiran, berkonsentrasi, dan melewati batas pikiran.

Dengan mengalihkan konsentrasi pikiran ke arah dalam, ke diri sendiri, manusia dapat memperdalam pengalaman untuk kesempurnaan berkonsentrasi. Inilah yang disebut dengan meditasi. Kita menjadi apa yang kita pikirkan—persis seperti pengemudi yang mengendarai mobilnya menuju tujuan yang diinginkan.

Lantas, bagaimana kelima prinsip dapat diperkenalkan kepada tubuh kita—kalau sudah menjadi cara hidup—atau dipertahankan terutama bagi yang hidup di perkotaan dan tidak bisa menghindar dari kenyataan hidup yang demikian kompleks?

Sama halnya dengan mobil dan bahkan sistem lainnya di dunia ini, sesekali tubuh memerlukan pemeliharaan dan perawatan khusus, seperti mengistirahatkan tubuh.

Ada berbagai cara meditatif dan penyelarasan tubuh yang bisa menjadi pilihan, mulai dari penggunaan musik, melukis, menikmati alam, melakukan olah raga tertentu, kuliner, dan lain sebagainya. Walaupun beragam, tujuan dari penyelarasan ini selalu memasukkan aspek yang sama: untuk berhenti barang sejenak dan membebaskan pikiran dari segala keruwetan yang menumpuk dan menggantikannya dengan kedamaian. Karena lazimnya, kedamaian akan selalu didamba.(EPN)

Belajar Meditasi Untuk Pemula

1. Mendidik diri : Kebingungan dan kesalahpahaman umumnya disebabkan oleh ketidaktahuan. Oleh karena itu, penting bagi para pemula untuk membaca beberapa buku tentang meditasi dan latihan spiritual. Cari pengajar yang menurut Anda berkompeten atau komunitas online di mana Anda bisa mendapatkan jawabannya.

2. Atur waktu : Untuk menjadikan meditasi sebagai kegiatan yang rutin, sisihkan sedikit waktu sehingga Anda bisa tenang dan tidak diganggu. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan meditasi. Namun, jika Anda menghadapi kendala waktu, Anda juga dapat melakukannya di malam hari.

3. Jangan pikirkan hal lain : Jika Anda mempunyai sejumlah pekerjaan yang harus dikerjakan, ada baiknya Anda menyelesaikannya terlebih dahulu sebelum memulai meditasi. Anda harus memiliki pola pikir yang jelas sebelum Anda duduk dan bermeditasi.

4. Lakukan perengangan : Perengangan mengendurkan otot dan tendon, sehingga membuat Anda lebih nyaman. Peregangan adalah proses "keluar dan masuk" yang akan memberikan banyak masukan dalam melakukan konsentrasi.

5. Dapatkan kenyaman : Cari tempat tenang yang membuat Anda merasa nyaman. Ketika Anda duduk di kursi atau bersila di lantai, pastikan bahwa tulang belakang Anda tegak lurus dengan kepala. Tutup mata Anda, rileks, dan duduk kembali untuk memfokuskan pikiran Anda.

6. Siapkan pikiran : Biarkan pikiran Anda tetap pada stabilitas aslinya dan kuatkan batin. Jika Anda merasa hal lain masuk ke dalam pikiran Anda selama meditasi, cobalah untuk kembali fokus. Sebuah cara sederhana untuk mengosongkan pikiran Anda adalah dengan fokus pada pernapasan.

7. Mengucapkan mantra : Menggunakan mantra adalah teknik meditasi yang banyak dipraktekkan secara luas. Saat bermeditasi, Anda dapat mengulangi kata-kata dengan getaran positif seperti 'om', 'cinta', 'perdamaian' dan 'santai'.

8. Napas panjang : Ketika bermeditasi, Anda harus mengambil napas panjang dan dalam. Anda tidak harus bernapas dari dada, melainkan Anda harus bernapas dari perut Anda. Ini merupakan aspek penting dari meditasi dan hal tersebut akan berulang sendirinya tanpa Anda sadari.

9. Lakukan secara bertahap : Semakin sering Anda bermeditasi, maka makin banyak manfaat yang akan Anda terima. Bagi Anda yang baru ingin mencoba, mulailah dengan waktu yang singkat, misalnya 15 sampai 20 menit. Setelah itu, bisa Anda tingkatkan secara bertahap.

10. Coba berbagai teknik mediasi : Ada banyak macam teknik meditasi yang bisa Anda coba. Jadi, jika salah satu teknik Anda rasa tidak tepat, terus mencoba teknik meditasi baru sampai Anda menemukan yang sesuai untuk Anda.

Source : http://www.ahliwasir.com/news/8596/Tips-Memulai-Meditasi-Bagi-Pemula


Baca Selanjutnya »»

Inilah Alasan Kenapa Kurma Cocok Dimakan Saat Buka Puasa

.

Kurma identik sebagai makanan manis untuk berbuka puasa. Tak hanya manis rasanya, tapi memiliki gizi yang baik dibanding manisan buah kering lainnya. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa juga merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan para nabi. Bahkan kebiasan itu telah menjadi sunnah rasul. Seperti dikutip dari laman Glamour.com, rasa manis buah kurma tidak seperti buah kering lainnya. Rasa manis dan masyirnya yang mudah meleleh di lidah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama saat dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Mengapa? Sifatnya yang mudah meleleh membuat kurma mudah dicerna. Hal ini tepat dikonsumsi saat buka puasa karena organ pencernaan, khususnya lambung membutuhkan makanan lembut setelah sehari tak tersentuh makanan.

Tak hanya itu, kurma juga mengandung gula dan air sehingga membuatnya semakin mudah dicerna dan sampai ke darah. Kurma juga mengandung kalium yang bermanfaat mengendalikan tekanan darah dan membantu kerja otot.

Kurma memang memiliki kandungan kalori lebih tinggi dibanding buah kering lainnya. Namun, kandungan kaliumnya mampu menekan natrium atau garam berlebih penyebab hipertensi. Itulah mengapa pengidap hipertensi juga sangat disarankan mengonsumsi kurma. Cukup konsumsi 5 buah kurma sehari demi mencukupi kebutuhan kalium harian.

Para peneliti di University of Scranton menambahkan, kurma juga memiliki konsentrasi polyphenol tertinggi dibanding buah-buahan kering lainnya. Sebagai antioksidan, polyphenol berperan bagi kekebalan tubuh terhadap infeksi dan serangan penyakit.


Kurma, merupakan salah satu makanan khas saat bulan Ramadhan tiba. Setiap kali menjelang berbuka puasa, buah manis berwarna cokelat terang hingga gelap ini sering menjadi menu perdana berbuka.

Dikutip dari Arab News, pakar kesehatan Paul Gross dalam bukunya 'Buah-buahan Super' menyebutkan ada beberapa faktor yang membuat jenis buah tertentu dikategorikan sebagai buah super. Yakni nutrisi, kandungan fitokimia, warna serta berbagai uji klinis mengenai manfaat buah.

Kurma atau dalam bahasa ilmiahnya dactylifera phoenix merupakan buah asli dari Semenanjung Arab, Timur Tengah dan Afrika Utara. Warna kurma beragam, dari coklat terang hingga mendekati warna hitam. Bentuknya pun berbeda-beda, dari persegi panjang, bulat kecil hingga berukuran besar dan panjang. Kebanyakan buah potensial ekspor itu berupa kurma kering.

Kurma kaya akan gizi, fitokimia, air dan gula alamiah untuk mempertahankan kesehatan suku badui saat di padang pasir. Kandungan fruktosa dan glukosa dalam kurma adalah sumber energi sekaligus kaya asam amino.

Keuntungan lain kurma, buah ini rendah lemak namun kaya serat dan prebiotik dan pitosterol, yang membantu mengendalikan kadar kolesterol. Kurma kaya akan selenium, kalium, kalsium, magnesium, mangan, dan besi yang meningkatkan kekebalan serta melindungi jantung, membangun massa tulang, dan meningkatkan sel darah merah.

Vitamin B dan C di dalamnya juga penting bagi kesehatan dan kekebalan tubuh. Asam lemak omega dalam kurma terbukti menyehatkan jantung, kulit, dan otak yang mirip dengan minyak zaitun.

Kurma juga berfungsi sebagai buah detoksifikasi dan mengurangi radikal bebas dalam tubuh dengan kandungan karotenoid, polifenol, anthocyanin, proanthocyanidins oligomer, tanin, luteolin, quercetin, dan apigenin.

Dari studi para ilmuwan Abu Dhabi, kurma terbukti mampu menekan bakteri menembus membran sel dan mencegah infeksi serta lebih tahan disimpan dalam jangka waktu lama.

Di Arab, sejak dahulu, kurma telah dikenal sebagai pengobatan tradisional untuk banyak kondisi, mulai dari gangguan pencernaan dan pernafasan dan membangun tulang untuk kehamilan, kelahiran,membantu ibu menyusui, meningkatkan sperma, meningkatkan dorongan seksual, dan kesuburan hingga energi selama melahirkan, dan mencegah pendarahan.

Jadi, sungguh cocok jika Anda memilih kurma sebagai menu berbuka untuk memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

Kelebihan kurma berdasarkan al-quran dan as-sunnah

diriwayatkan daripada abdullah bin jaafar katanya : "aku melihat rasulullah sallallahu alaihi wasallam memakan buah-buahan dengan kurma masak.

"diceritakan oleh jumaah bin abdullah yang disampaikan oleh marwan yang mendapat berita daripada ibnu hashim bahawa amir bin saad mendengar bapanya meriwayatkan rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda : "sesiapa yang memakan 7 biji tamar ajwah dia akan terkawal daripada kejutan syaitan dan sihir pada hari itu".

Khasiat kurma "ajwah" sebagaimana yang tersebut di dalam hadis di atas merupakan satu kelebihan yang dikurniakan allah subhanahu wataala sesuai dengan kemuliannya sebagai jenis kurma pertama yang ditanam sendiri oleh rasulullah sallallahu alaihi wasallam.

Terdapat juga di dalam al-quran ayat yang menyatakan tentang kelebihan buah kurma ini, yang dialami oleh sayydatuna maryam ketika beliau mengandung nabi isa alaihi salam sebagaimana tersebut di dalam surah maryam ayat 25 :

"dan gocangkan batang kurma itu kepadanya, nanti ia gugurkan atasmu kurma yang masak.

Ayat di atas menjelaskan tentang khasiat buah kurma kepada kaum wanita yang sedang dalam nifas, bila mana allah memerintahkan maryam memakannya sedang beliau dalam keadaan lemah selepas bersalin. Penemuan kajian sains tentang khasiat buah kurma yang kaya dengan unzur zat besi dan kalsium telah membuktikan bahawa perubatan cara islam yang terkandung di dalam al-quran dan hadis rasulullah sallallahu alaihi wasallam bukanlah jenis perubatan yang semata-mata sesuai dengan keadaan iklim masyarakat arab sahaja atau sudah ketinggalan zaman, tetapi ia adalah perubatan yang diiktiraf oleh dunia antarabangsa. Malah ia lebih baik daripada ubat-ubatan moden yang menggunakan berbagai campuran dadah yang boleh mengakibatkan kesan sampingan yang lain.

Unsur zat besi dan kalsium yang terdapat di dalam buah kurma adalah unsur yang paling tinggi bagi membentuk susu ibu. Bagi ibu-ibu yang mempunyai masalah kekurangan susu, maka dengan memakannya dapat menggalakkan pertambahan kandungan susu. Ianya juga berperanan dalam pertumbuhan kanak-kanak damit dan pembentukan darah dan sumsum tulang. Antara kajian lain yang dijalankan membuktikan bahawa kurma antara makanan yang paling pantas diproses sebagai bekalan tenaga. Kurma tersebut akan segera dibakar dan ia akan disalurkan ke bahagian anggota lain dan otak.

Rasulullah juga pernah bersabda mengenai hal ini ,sabdanya:" beri makan buah tamar kepada isteri-isteri kamu yang hamil dan barang siapa yang memakan buah tamar tersebut semasa hamilnya, maka anak yang akan lahir itu akan menjadi seorang anak yang penyabar dan bersopan- santun, kerana makanan siti maryam ketika melahirkan nabi isa as adalah buah tamar.

Berdasarkan ini juga baginda rasulullah sallallahu alaihi wasallam menganjurkan kita supaya berbuka puasa dengan buah kurma sebagaimana sabdanya daripada anas bermaksud :

"rasulullah sallallahu alaihi wasallam berbuka puasa dengan beberapa biji buah kurma sebelum sembahyang. Sekiranya tiada terpadat kurma, maka baginda rasulullah sallallahu alaihi wasallam akan berbuka dengan beberapa biji anggur. Sekiranya tiada anggur, maka baginda meminum beberapa teguk air. (hadis riwayat ahmad)

sehubungan dengan hadis ini ada beberapa hadis lain yang menganjurkan agar kita berbuka puasa dengan kurma. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh anas bin malik, beliau berkata : "rasulullah sallallahu alaihi wasalla berbuka dengan kurma dan barangsiapa yang tidak mendapatkannya maka hendaklah ia berbuka dengan air kerana sesungguhnya air itu pembersih.

Antara hadis lain yang menyatakan kelebihan buah kurma :

Maksudnya : Daripada adiy bin hatim, ia berkata : "saya mendengar rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda : "hindarilah api neraka walaupun (dengan memberi sedekah) sebelah buah kurma.

Hadis ini menerangkan kemuliaan buah kurma, iaitu walaupun dengan hanya kita bersedekah sebelah buah kurma kita terhindar daripada api neraka.

Jadi bagi orang-orang yang mementingkan kesihatan mereka agar sentiasa dapat dijaga dengan baik, buah kurma adalah amat sesuai dijadikan sebagai salah satu makanan harian mereka khususnya di waktu pagi sebelum memulakan sebarang tugas harian. Khasiat kurma juga adalah sesuai dan baik bagi pertumbuhan kanak-kanak.

Mudah-mudahan dengan amalan memakan kurma yang berterusan, kita terhindar daripada berbagai kemungkinan dan dapat meneruskan tugas harian serta beribadat kepada allah subhanahu wataala.

Khasiat kurma

kurma diangkat tinggi oleh rasulullah saw kerana mempunyai nilai kandungan makanan yang tinggi. Kandungan protein di dalam kurma lebih kurang 1.8 hingga 2.0 peratus, serat 2.0 hingga 4.0 peratus manakala kandungan gulanya 50 hingga 57 peratus glukosa. Ini menunjukkan kandungan gula di dalamnya telah ditukar secara semulajadi. Bermakna apabila kita memakan kurma, tenaga yang diserap tubuh adalah serta-merta. Sebaliknya gula di dalam kebanyakan buah-buahan dikenali sebagai fraktosa dan gula tebu atau gula pasir yang biasa mengandungi sukrosa tidak boleh menyerap terus dalam tubuh. Ia terpaksa dipecahkan dahulu oleh enzim sebelum bertukar menjadi glukosa lalu diserap tubuh sebagai tenaga.

Disunatkan berbuka dengan kurma kerana orang yang berpuasa tidak makan selama 12 jam. Kurma menyumbang tenaga serta-merta kepada si pemakan dan ini memudahkan seseorang beribadat dan menunaikan sembahyang maghrib atau tarawih. Apabila tubuh berasa segar dan bertenaga ia menghalang kita makan berlebihan atau mengikut nafsu. Kadangkala waktu berbuka kita makan terlalu banyak, tetapi masih letih dan tidak bertenaga. Sebabnya makanan yang diambil kebanyakan mengandungi karbohidrat, tanpa tenaga serta-merta menjadi penyebab selesai makan, mata pun mengantuk.

Kita makan kurma tanpa buang kulitnya yang mengandungi serat. Amat baik untuk mencegah barah usus besar kerana ia melawaskan. Sementara kandungan vitamin a dan c amat tinggi pada peringkat khalal atau rotab dan menurun sedikit pada peringkat tamar. Selain itu ia mengandungi zat galian dan yang paling banyak dikenali sebagai potasium. Potasium diperlukan oleh tubuh untuk sistem saraf kerana kurma adalah excellant source atau sumber mujarab. Memang dalam susu, yogurt dan makanan laut juga mengandungi potasium tetapi jumlahnya sedikit.

Ramai beranggapan hanya kismis yang baik untuk menguatkan ingatan, sebenarnya kurma juga setanding. Mungkin atas alasan pihak-pihak tertentu atau negara pengeluar anggur telah menjalankan kempen makan kismis dan mempopularkan khasiatnya.

Diriwayat oleh aishah r.a. Yang menjelaskan, kurma mengandungi ubat. “jika sesiapa yang selalu makan kurma akan dihindari daripada terkena racun yang dimakan.”

dalam bidang perubatan dengan ketiadaan kolesterol, lemak dan gula di dalam kurma, ia amat baik untuk meredakan tekanan darah tinggi. Dalam perubatan homeopati, biji kurma dikisar halus atau dijadikan serbuk seperti teh. Direndam dan diminum bagi menyembuhkan pelbagai jenis penyakit.

Melalui petua tertentu, kurma dimakan bersama badam dan madu untuk menyembuhkan penyakit. Kurma dikatakan menambah tenaga seksual atau batin. Jus buah kurma mungkin baru di negara ini, sebaliknya di negara pengeluar selain dimakan segar, kering atau salai, kurma dibuang biji dan diganti dengan kacang tanah, badam atau gajus bagi mengenakkannya. Kurma juga dibuat jem, sirap atau bahan tambahan dalam aiskrim.

Kurma sejenis buah yang kaya dengan zat besi, kalsium, fosforus, sodium, potasium, vitamin a dan c dan juga niasin.ia lazimnya dimakan semasa bulan ramadhan dan mempunyai khasiat serta nilai yang tinggi dalam dunia perubatan tradisional.

. Dari segi saintifik amat berkesan bagi mengubati gangguan usus yang kronik, dimana ketidakserasian dengan gluten, menghalang penyerapan zat-zat makanan secara sempurna.

Kurma mengandungi sejenis bahan protein serta garam galian yang menghentikan tindak balas luar biasa yang dicetuskan oleh gluten dalam usus kecil. Tindakbalas itu jika dibiarkan boleh membawa kepada pengeluaran sel darah putih secara berlebihan.

Selain daripada gangguan usus, jus kurma berkesan untuk mengatasi masalah sembelit. Bagaimanapun minuman ini tidak sesuai di amalkan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetis, kerana ia boleh mendatangkan kesan yang lebih serius.

Jus kurma juga merupakan penawar mujarab dalam perubatan tradisional untuk mengatasi masalah insomnia. Bagi mereka yang mengalami masalah batuk jus kurma sesuai untuk diamalkan kerana kandungan gula dalam buah kurma bertindak menghilangkan gatal-gatal dalam kerongkong sekaligus menghentikan batuk.

Kurma dikatakan tumbuhan yang mempunyai pelbagai khasiat dan kegunaan yang banyak kerana telah terbukti, di dalam al-quran terdapat 21 ayat yang menyebut tentang kurma.

Mengikut pendapat pakar perubatan, buah kurma kaya dengan unsur zat besi dan kalsium sesuai untuk wanita sama ada semasa hamil dan selepas bersalin. Hal ini berasaskan kepada wahyu yang diturunkan oleh allah kepada ibu isa iaitu maryam binti imran supaya memakan buah kurma ketika beliau dalam keadaan lemah selepas bersalin.

Source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9843967


Baca Selanjutnya »»

 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com