Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Senin, Januari 05, 2009

Sejarah Hari Valentine

. Senin, Januari 05, 2009

Di seluruh Dunia orang - orang akan merayakan datangnya hari Valentine. mulai dari anak - anak, remaja, bahkan juga orang Dewasa. Hali ini juga terjadi di negara Indonesia, mereka merayakan hari Valentine dengan pasangannya, teman, sahabat, atau dengan keluarga. Walaupun mereka pada dasarnya tidak mengerti makna dan sejarah hari Valentine itu seperti apa.

Sebenarnya untuk memberi sikap kasih dan sayang kepada siapapun atau khususnya kepada pasangan kita, tidaklah harus menunggu datangnya hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Kita dapat memberikan kasih sayang setiap hari kepada pasangan kita dalam bentuk perhatian yang tulus, dan sikap yang hangat, sehingga kita tidak repot - repot mengeluarkan banyak uang uatuk membeli coklat, maupun untuk membeli hadiah - hadiah lainnya.

Beberapa para ahli mengatakan bahwa hari Valentine berkaitan dengan St. Valentine, dia adalah seorang pria roma yang menolak melepaskan agama kristen yang diyakininya. ada cerita lain yang menceritakan bahwa St. Valentine adalah seorang pria yang membaktikan hidupnya untuk melayani Tuhan di sebuah kuil pada masa pemerintahan Kaisar Claudius.

Hari Valentine tercipta pada jaman kerajaan Romawi. Penduduk Romawi menjadikan 14 Februari sebagai hari untuk menghormati Juno. Juno adalah para dewa dewi Romawi, mereka juga menyebutnya dengan dewa pernikahan. Sedangkan tanggal 15 Februari adalah hari di mulainya perayaan "Feast of Lupercalia". Pada masa itu, para gadis dilarang berhubungan dengan para pria. Pada malam menjelang Festifal Feast of Lupercalia nama - nama seorang gadis di tulis di kertas kemudian di masukkan kedalam gelas kaca. Ini bertujuan untuk nantinya para pria mengambil satu kertas undian atau kertas yang terdapat nama - nama gadis tersebut untuk di kencaninya. Tidak sedikit para pasangan yang ikut dalam Festifal tsb saling jatuh cinta dan memadu kasih hingga bertahun - tahun yang kemudian menikah.

Pada suatu hari di bawah pimpinan Kaisar Claudius II. Romawi terlibat sebuah peperangan. Pada masa itu Kaisar Claudius sangat kesulitan mencari tenaga militer, padahal Claudius yang dijuluki kaisar kejam ingin merekrut pemuda untuk memperkuat armada perangnya. Apa yang membuat kaisar kesulitan merkrut pemuda......???!!!! Karena para pemuda enggan bergabung dengan alasan berat untuk meninggalkan keluarganya dan pasangan mereka. Akhirnya Kaisar Claudius memerintahkan dan membatalkan semua pernikahan dan pertungan yang terjadi di Romawi pada saat itu.

Kebijakan Kaisar Claudius ini di tentang oleh St Valentine yang saat itu menjadi pendeta terkenal di Romawi. St Valentine bersama dengan St Marius secara diam - diam tetap menikahkan pasangan yang hendak mau menikah. Kaisar Claudius mengetahuinya dan memerintahkan pejabatnya untuk membuat sebuah ide gila. Ia berfikir jika seorang pria tidak menikah maka seorang pria tersebut dengan senang hati bergabung menjadi pasukan militer. Kaisar Claudius memberi peringatan kepada St Valentine tetapi ia tidak bergeming dan tetap menikahkan para pemuda - pemuda yang ingin menikah.

Pada suatu malam, St Valentine tertangkap basah sedang memberkati pasangan. Pasangan itu berhasil melarikan diri, sedangkan St Valentine tertangkap kemudian di penjara dan di vonis mati. selama St Valentine di penjara banyak para pemuda - pemudi yang menaburkan bunga dan pesan yang memberikan dukungan di jendela penjara. Salah seorang pemudi yang percaya dan mengagumkan yang namanya cinta berhasil masuk dan mengunjungi St Valentine. Ia adalah anak si penjaga penjara, Ayanya mengijinkan ia untuk masuk dan berkomunikasi dengan St. Valentine. Ia berbicara berjam - jam dengan St Valentine dan ia memberi dukungan bahwa yang di lakukan St Valentine itu adalah benar.

Saat menjelang pemenggalan tanggal 14 Februari, St Valentine menyempatkan menulis sebuah surat atau pesan untuk gadis itu atas semua perhatian, dukungan, dan bantuanya. Diakhir pesan Ia menuliskan " Dengan Cinta dari Valentinemu ".

Pesan itulah yang kemuadian merubah segalanya. hingga orang - orang di belahan dunia manapun menjadikan tanggal 14 Februari sebagai hari kasih sayang. Orang - Orang yang merayakan hari itu di mengenang St Valentine sebagai pangeran Cinta. Sedangkan Kaisara Claudius di kenang sebagai orang yang mengenyahkan Cinta.


Masih dalam 1 Kategori Informasi :

Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com