Masukkan E-Mail Anda Untuk Berlangganan Artikel GRATIS...!! :

Delivered by FeedBurner

Minggu, Desember 13, 2009

Kecanduan Internet Bisa Membakar Diri Sendiri.

. Minggu, Desember 13, 2009

Perilaku memukul, menarik rambut, mencubit, dan membakar diri sebagai dampak dari kecanduan internet memang belum pernah saya dengar di Indonesia. Hanya saja beberapa hari yang lalu saya mendengar berita tentang seseorang yang babak belur gara – gara facebook. Dan yang sering saya lihat dari dampat kecanduan internet di Indonesia adalah semakin banyak para remaja, bahkan orang tua yang menjadi enggan atau malas dalam bekerja karena mereka disibukkan dengan kegiatan bersosialisasi di internet. Seperti bermain facebook, YM, Twitter dan lain – lain.

Komputer dan Internet saat ini bukan sekedar alat penunjang, melainkan Internet sudah menjadi kebutuhan wajib khususnya bagi para remaja. Bahkan peneliti mengatakan bahwa internet bisa saja menjadi candu yang membuat setiap orang ketagihan untuk menyelaminya. Kita lihat saja perilaku para remaja dilingkungan kita. Kebanyakan dari mereka mempunyai ponsel yang sudah dilengkapi dengan aplikasi browser. Sehingga mereka dapat menyelami dunia maya dengan mudah, apalagi hanya sekedar untuk chatting via YM ataupun Facebook.


Perilaku – perilaku remaja kita dilingkungan sekolah, kampus, bahkan dilingkungan kerja telah berubah menjadi kebiasaan buruk dari pengaruh internet. Orang yang selalu menyelam di dunia maya tanpa sadar dengan keberadaan mereka dimana, orang seperti inilah bisa dikatakan dengan kecanduan internet. Bahkan di Australia, ada fakta menarik terkait dengan kecanduan internet. Anak – anak yang termasuk golongan kecanduan internet bisa menghabiskan waktu di depan komputer selama 13 jam seminggu. Bahkan hasil penelitian yang lebih ekstrim dilakukan di Guangdong, Tiongkok. 1618 remaja yang berusia 13 sampai 18 tahun mempunyai perilaku yang aneh seperti memukul, menarik rambut, mencubit, atau bahkan membakar diri mereka sendiri. Perilaku memukul, menarik rambut, mencubit, hingga membakar diri ini merupakan dampak yang sangat parah dari internet.

Internet memang mempunyai banyak manfaat dalam hidup kita. Bahkan aplikasi facebook, YM, Twitter pun mempunyai manfaat yang besar bagi kita, bahkan kita bisa mencari uang lewat facebook. Tetapi jika kita kecanduan dengan internet dan tidak bisa memanfaatkan dengan baik, maka yang terjadi adalah kerugian yang sangat besar. Karena kecanduan internet telah diklasifikasikan sebagai masalah kesehatan mental sejak pertengahan 1990-an. Gejala adiksi yang ditimbulkan pun hampir mirip dengan kecanduan lainnya.

Semoga kita semua terhindar dari kecanduan internet, dan bisa memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin.

Artikel Terkait




 

Ponsel Terbaru

My Alexa Rank

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FEEDJIT Live Traffic Feed

www.anam78.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com